Retribusi pasar Palembang terealisasi 80 persen

id pasar, pedagang, pasar tradisional, retribusi, pd pasar palembang

Retribusi pasar Palembang terealisasi 80 persen

Ilustrasi - Pasar tradisional (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Retribusi pedagang yang ditarik di 38 pasar tradisional di Kota Palembang pada 2013 telah terealisasi 80 persen dari target Rp12 miliar.

Direktur PD Pasar Palembang Jaya Apriadi S Busri, Jumat mengatakan pihaknya optimistis target pendapatan asli daerah dari retribusi pasar dapat terealisasi sesuai target.

"Sampai Oktober ini saja telah terealisasi Rp9,6 miliar dari target Rp12 miliar tahun 2013," katanya.

Menurut dia, upaya meningkatkan pendapatan asli daerah dari retribusi pasar tersebut akan terus dilakukan.

Sesuai dengan dukungan dari wali kota setempat, kalau pendapatan asli daerah dari retribusi pasar harus meningkat 15 kali lipat.

Peningkatan setoran retribusi terus dijajaki termasuk rencana menaikan tarif retribusi pasar sampai Rp7.500 dari sebelumnya hanya Rp5.000 per pedagang/hari.

Kenaikan tarif retribusi tersebut dinilai realistis mengingat kini pihaknya terus melakukan pembenahan pasar-pasar tradisional di daerah itu.

Dia menjelaskan, pasar yang memiliki kamar mandi dan wc kini telah dilengkapi dengan pembangunan oleh salah satu perusahaan swasta yang berpartisipasi.

Sambungan air bersih dari PDAM Tirta Musi juga telah disalurkan ke pasar-pasar yang selama ini sama sekali belum menikmati layanan air bersih, katanya.