Kemensos: Tagana aktif berperan selamatkan lingkungan

id tagana, taruna siaga bencana, kemensos, jambore tagana asean

Kemensos: Tagana aktif berperan selamatkan lingkungan

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Andi ZA (kanan) memberikan penjelasan kepada wartawan tentang Jambore Tagana ASEAN di Palembang, Senin (7/10). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Andi ZA Dulung mengatakan taruna siaga bencana berperan akfif dalam menyelamatkan lingkungan di berbagai provinsi di Indonesia.

Sebab taruna siaga bencana (Tagana) selalu melakukan penghijauan terutama di daerah bencana, kata Andi kepada wartawan di Palembang, Senin.

Ia mengatakan, peran Tagana bukan hanya membantu menyelamatkan korban bencana, tetapi juga penyelamat lingkungan.

Anggota Tagana yang tersebar di seluruh Indonesia memiliki program dalam menyelamatkan lingkungan, karena kerusakan lingkungan salah satu penyebab terjadinya bencana sehingga harus diantisipasi melalui penghijauan.

Jumlah anggota Tagana saat ini berkisar 30 ribu orang dan selalu siap membantu bila ada bencana.

Sementara dalam bhakti sosial di Sumsel nantinya peserta dari 33 provinsi akan menanam pohon khas daerah masing-masing di kawasan Jakabaring Palembang.

Kepala Dinas Sosial Sumsel Apriyadi mengatakan nantinya peserta akan menanam sekitar 100 batang pohon khas yang ada provinsi di Indonesia di kawasan pusat kegiatan olahraga Jakabaring, antara lain menanam pohon duku, durian, nangka, dan mangga.

Kehadiran Dirjen ke Sumsel sehubungan bhakti sosial Tagana se Asia Tenggara di Palembang, 7-10 Oktober 2013.