Banyak warga desa terpencil di Mura belum ambil BLSM

id blsm, warga desa belum ambil blsm, warga desa terpencil, pt pos indonesia

Banyak warga desa terpencil di Mura belum ambil BLSM

Ilustrasi - Antrean warga penerima BLSM di Kantor Pos (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 1.373 rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, hingga saat ini belum mengambil dana program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat di antaranya karena rumahnya jauh di daerah terpencil.

Proses pengambilan dana BLSM sesuai jadwal sudah selesai hampir satu bulan, namun masih banyak RTS yang belum mengambil dana BLSM di antaranya karena rumahnya jauh di pelosok, kata Pimpinan Kantor PT Pos Indonesia Cabang Lubuklinggau, melalui Manager Sumber Daya Manusia (SDM) Imam, Rabu.

Ia menjelaskan, warga yang belum mengambil dana BLSM sekitar 1.373 RTS dari seluruhnya mencapai 33.138 rumah tangga atau yang sudah menerima sebanyak 31.765 orang pemegang kartu jaminan sosial.

Pihaknya hingga saat ini sudah menyalurkan dana BLSM pada 21 kecamatan di wilayah itu. Namun dari seluruh penerima bantuan itu masih banyak yang belum mengambil.

Para penerima bantuan itu diperkirakan kurang mendapatkan informasi dan juga faktor jarak tempuh yang sangat jauh dari Kota Lubuklinggau.

Hal itu diketahui, setelah ada pengakuan dari salah seorang penerima yang belum mengambil dana BLSM tersebut, mereka mengaku berdomisili sangat jauh dari ibu kota kabupaten, disamping sibuk dengan aktivitas di perkebunan mereka sendiri.

Untuk Masyarakat yang belum mengambil BLSM, pihaknya akan tetap melayani hingga akhir Oktober 2013. Namun jika tidak diambil, maka dana BLSM tersebut akan dikembalikan ke pemerintah pusat.

Ia mengharapkan kepada masyarakat yang belum mengambil BLSM, agar tetap mengambil bantuan itu karena input data sangat diperlukan oleh PT Pos Indonesia Cabang Lubuklinggau.

"Kami sangat kesulitan input data laporan pengambilan BLSM tersebut," jelasnya.