Presiden apresiasi kehadiran Mesir dan Palestina

id presiden, sby apresiasi kehadiran mesir, palestina dan suriah

Presiden apresiasi kehadiran Mesir dan Palestina

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan sambutan saat membuka Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013 di Stadion Gelora Sriwijaya, Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu (22/9) malam. (Foto Antarasumsel.com/13/Arina Suwanto))

Palembang (ANTARA Sumsel) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi kehadiran atlet dari Mesir, Palestina, dan Suriah dalam pesta olahraga negara-negara Islam atau Islamic Solidarity Games di Palembang.

"Saya sampaikan apresiasi atas kehadiran kontingen Mesir, Palestina, dan Suriah yang ikut serta dalam Islamic Solidarity Games (ISG) kali ini," kata Presiden Yudhoyono saat membuka ISG III di Stadion Sriwijaya, Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu malam.

Presiden mengatakan, meski negara-negara sahabat itu tengah mengalami masalah di dalam negeri masing-masing yang tidak ringan namun kehadiran atletnya membawa semangat persatuan.

"Harmoni in unity yang menjadi tema, memiliki tema yang mendalam, harmoni menjadi seruan yang menyejukkan bagi oragnisasi negara Islam untuk junjung ukhuwah Islamiah melalui perhelatan negara kelas dunia dan insya allah menjadi kerukunan dan persatuan bangsa sedunia," kata Presiden.

Kepala Negara mengingatkan semangat olahraga dapat mendorong persahabatan sekaligus meredam perbedaan atau masalah politik.

"Ini tidak semata-mata menjadi yang terbaik, tapi mendorong persatuan dan perdamaian. Di pertandingan lepas beban politik dan beban politik antar-negara dan gelorakan solidaritas," tegas Presiden.

Ia menambahkan, "Indonesia berharap, atlet dari manapun bertanding dengan gigih dan semanagat tinggi, setiap kontingen akan berusaha seraya menjunjung tinggi sportivitas."

Acara yang berlangsung mulai pukul 20.00 WIB tersebut dihadiri oleh Presiden Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) Pangeran Nawaf bin Faisal bin Fahd, Ketua Panitia ISG III Palembang Rita Subowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Dalam acara pembukaan yang dihadiri 16.000 peserta dan penonton itu juga menampilkan defile 44 kontingen yang totalnya berjumlah 1.400 orang atlet dan ofisial.

Pengucapan janji atlet dan wasit masing-masing dilakukan oleh Sazli Rais (Atlet Wushu) dan wasit Eko Darwanto (wasit cabang bole voli).

Acara juga disemarakkan dengan tarian kolosal Spirit Islamic Solidarity oleh pelajar SMA Palembang dan Sanggar Tari Palembang.

Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hassan, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko.