Kejati siap terima pengaduan soal penerimaan CPNS

Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Adil Wahyu Wijaya di Palembang, Minggu mengatakan pihaknya siap terima pengaduan soal penerimaan CPNS. (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly Rosana)

Berita Terkait
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan menyatakan siap menerima pengaduan masyarakat untuk menjaga kredibelitas penerimaan Pegawai Negeri Sipil tahun 2013.

"Kejaksaan sangat menjaga kemurnian penerimaan PNS sehingga meminta peran aktif dari masyarakat untuk melaporkan jika ada oknum-oknum yang menjanjikan dapat membantu kelulusan," kata Asisten Intelejen Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Adil Wahyu Wijaya di Palembang, Minggu.

Ia menerangkan, pihaknya tidak segan-segan menelusuri kebenaran laporan masyarakat itu mengingat dalam institusi kejaksaan juga memiliki asisten Kajati bidang pengawasan.

"Jika benar terbukti bahwa ada oknum kejaksaan yang melakukan penipuan atau lainnya, maka informasi dari intelejen akan diteruskan ke Asisten Pengawas untuk ditindaklanjuti berupa pemberian sanksi," ujarnya.

Kejaksanaan Agung RI membuka perekrutan pegawai baru dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2013.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan masyarakat Kejati Sumsel Ikeu Bachtiar mengatakan sebanyak 1.000 orang yang diterima akan ditempatkan di Kejaksaan seluruh Indonesia, termasuk penempatan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan, dari seribu orang yang diterima itu, Kejagung RI membutuhkan sarjana ilmu hukum (450 orang), sarjana ilmu ekonomi/akuntansi (38 orang), D-3 ilmu komputer (38 orang), D-3 ekonomi/akuntansi (38 orang), dan 436 orang lulusan SLTA atau sederajat.

"Untuk formulir pendaftaran dapat diisi secara online, di website resmi Kejaksaan RI, www.kejaksaan.go.id/rekrutmen/ pada tanggal 8 sampai 22 September 2013," kata Ikeu.

Setelah itu, pelamar CPNS harus melengkapi dengan berbagai berkas persyaratan untuk kemudian diverifikasi panitia penerimaan, 23-26 September 2013.

"Pelaksanaan ujian tahap pertama direncanakan 3 November 2013, dan tahap kedua akan ditentukan kemudian. Nantinya, peserta yang lulus akan disahkan dengan terbitnya Surat Keputusan sebagai CPNS Kejaksaan RI," ujarnya.

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar