Sumsel penyelenggara pertemuan taruna siaga bencana ASEAN

id tagana, taruna siaga bencana

Sumsel penyelenggara pertemuan taruna siaga bencana ASEAN

Taruna Siaga Bencana - Tagana (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan dipercaya menjadi penyelenggara pertemuan taruna siaga bencana ASEAN di Palembang, 7-10 Oktober 2013.

Setelah menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games, Sumatera Selatan kembali dipercaya pemerintah pusat tempat pelaksanaan taruna siaga bencana ASEAN, kata Asisten Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel Ahmad Najib di Palembang, Senin.

Ini menunjukan Sumsel sudah menjadi perhatian nasional dan internasional karena kembali dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan tingkat ASEAN.

Dalam penghadapi kegiatan tersebut pihaknya sudah mempersiapkan diri antara lain melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait.

Bahkan, lanjut dia, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial telah berkunjung ke Sumsel untuk melakukan persiapan pelaksanaan taruna siaga bencana.

Ia mengatakan, pertemuan relawan tersebut akan diikuti sekitar 3.000 orang peserta dari negara ASEAN, termasuk Jepang, Korea Selatan dan China menyatakan siap berpartisipasi.

Sementara kegiatan sendiri antara lain bhakti sosial, perbaikan rumah dan penghijauan dengan tanaman khas provinsi di Indonesia.

Kegiatan dan pertemuan taruna siaga bencana se ASEAN akan dipusatkan di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, dan direncanakan dibuka Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, katanya.