Kopi exselsa Tanjabar diekspor ke Malaysia

id kopi, ekspor, tanjabar, malaysia, diminati luar negeri

Kopi exselsa Tanjabar diekspor ke Malaysia

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

...Kopi asal Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) ini sudah terkenal sampai ke Malaysia dan sangat digemari oleh masyarakat negara itu dan memiliki nilai jual yang tinggi...
Jambi (ANTARA Sumsel) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Jambi, Usman Ermulan mengatakan kopi exselsa yang dihasilkan petani di daerahnya sudah diekspor dan memasuki pasar negara tetangga Malaysia.
         
Kopi asal Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) ini sudah terkenal sampai ke Malaysia dan sangat digemari oleh masyarakat negara itu dan memiliki nilai jual yang tinggi, kata Bupati di Kuala Tungkal, ibukota Tanjabar, Rabu.
         
Usman mengatakan bahwa tanaman kopi exselsa yang ada di Tanjabar merupakan bantuan dari pusat, dan dari sejumlah daerah yang menanam kopi jenis ini, Tanjabar merupakan satu-satunya daerah yang menanam dan mengembangkan serta menghasilkan kopi dengan kualitas tinggi.
         
"Tidak ada di wilayah lain, cuma hidup di wilayah Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjabar," tegas Bupati.
         
Saat ini ini, khusus Kecamatan Betara menjadi sumber benih kopi exselsa, tidak ada di tempat lain, hal ini juga dinyatakan langsung oleh pihak penelitian balai benih besar dari pusat.
         
Selain itu, kopi, Bupati juga menyebutkan Provinsi Jambi menjadi daerah nomor dua terbesar sebagai pengekspor pinang setelah Medan, sekitar 40 persen ekspor pinang dari Jambi ini berasal dari Tanjabar.
         
"Pinang asal Tanjabar ini sangat terkenal dengan buahnya yang besar-besar, dan ini diakui bahwa buah pinang yang ditanam di daerah Betara adalah yang terbaik," tambah Usman