Harga sembako di Lubuklinggau turun

id sembako, harga sembako turun

Harga sembako di Lubuklinggau turun

Pedagang sembako (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Harga kebutuhan sembilan bahan pokok pada beberapa pasar di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Rabu, sebagian besar mengalami penurunan.

Kenaikan harga sembako sebelumnya hanya terjadi menjelang Lebaran atau hari-hari besar lainnya saja, karena hal yang biasa terjadi secara alami, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Lubuklinggau Farida Aryani, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa harga bahan pokok yang turun itu, antara lain terdapat pada jenis cabai merah keriting dari Rp65 ribu per kilogram menjadi antara Rp38 ribu--Rp40 ribu/kg.

Selain itu, kata dia, daging sapi dan kerbau kembali seperti sebelumnya berkisar Rp93 ribu--Rp95 ribu/kg dari sebelumnya sempat menembus Rp150 ribu/kg.

Untuk harga daging ayam potong turun menjadi Rp30 ribu/kg dari sebelumnya Rp48 ribu/kg, telur ayam ras juga kembali Rp32 ribu dari sebelumnya sempat naik menjadi Rp35 ribu per karpet.

Pedagang Pasar Satelit, Sarmi, mengatakan bahwa harga bahan pokok itu turun sejak H+3 Lebaran karena permintaan kembali seperti biasa.

"Kalau harga jual tidak diturunkan barang akan rusak, khususnya jenis sayur-mayur, sedangkan harga pada tingkat grosir juga turun," ujarnya.