Sumsel segera luncurkan maskot ISG

id isg, isg di palembang

Sumsel segera  luncurkan maskot ISG

Islamic Solidarity Games (ISG) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan segera meluncurkan logo dan maskot Islamic Solidarity Games III menyusul telah ditandatanganinya Keputusan Presiden terkait dengan penentuan daerah sebagai tuan rumah.

"Keputusan Presiden (Keppres) telah ditandatangani Senin (29/7) oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sehingga rencana untuk `launching` logo dan maskot akan segera dilakukan," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Muddai Madang di Palembang, Selasa.

Ia mengemukakan pihak tuan rumah telah menyiapkan logo dan maskot setelah ditetapkan sebagai tuan rumah ISG mengantikan Provinsi Riau meskipun sebatas penetapan dari Menpora dan Menteri Agama.

"Jembatan Ampera akan menjadi logo Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013. Logo ini secara otomatis akan mengantikan logo sebelumnya yang dibuat oleh Provinsi Riau," katanya.

Ia mengemukakan pada awalnya tidak berniat membuat logo baru, namun pihaknya tidak memperoleh jaminan secara hukum karena berkaitan dengan hak cipta sehingga panitia persiapan Sumsel memutuskan dilakukan pengantian.

Logo yang baru ini menampilkan gambar Jembatan Ampera pada bagian tengah dengan dikelilingi bulan sabit berjumlah lima buah dengan berwarna hijau, merah, orange, kuning, dan biru.

Bulan sabit sendiri menggambarkan lambang umat Islam, sementara jumlahnya dipilih lima buah karena rukun Islam sendiri terdiri dari lima perkara.

"Semula akan diletakkan tiga buah bintang diatas bulan sabit seperti layaknya lambang di masjid, namun berdasarkan kesepakatan panitia persiapan untuk dibatalkan karena terkesan terlalu Islami sehingga dikhawatirkan akan menyulitkan pada masa mendatang," ujar mantan Ketua Panitia SEA Games Indonesia (InaSOC) Provinsi Sumsel ini.

Ia mengemukakan jika terjadi keraguan atas logo yang tercipta maka Indonesia selaku tuan rumah harus meminta izin kepada International Olympic Committee (IOC) mengingat perhelatan olahraga internasional diharapkan bersifat universal.

Apalagi, meski ISG merupakan perhelatan olahraga yang identik dengan negara-negara Islam, namun tidak menutup kemungkinan negara nonmuslim ambil bagian mengingat persyaratannya merupakan anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Selain logo, pihaknya juga menyiapkan maskot ISG yakni hariman yang dimodivikasi dengan memakai pakaian adat Palembang.

Provinsi yang menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011 telah mendapatkan payung hukum berupa penetapan resmi selaku tuan rumah ISG dari Presiden melalui Keppres.

Sebanyak 1.759 orang atlet dan 624 orang ofisial akan ambil bagian pada ISG edisi ke-3 itu yang mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Sebanyak 25 negara telah memastikan keikutsertaan, diantaranya Maladewa, Suriah, Oman, Brunei Darusalam, Irak, Sudan, Kuwait, Bahrain, Tunisia, Iran, Gambia, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Azerbaijan, Suriname, Mozambiq, Albania, Aljazair, Guinea, Turki, dan Indonesi