Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Ridwan Nurazi SE MSc Akt terpilih menjadi rektor Universitas Bengkulu yang baru dengan masa jabatan 2013 sampai dengan 2017.

"Ya tadi setelah diumumkan oleh panitia, saya mendapatkan sebanyak 32 suara dari 49 pemegang hak suara," kata dia di Bengkulu, Senin.

Ridwan Nurazi terpilih menjadi rektor Universitas Bengkulu menggantikan rektor sebelumnya Zainal Muktamar yang telah menjabat selama dua periode.

Pemilihan berlangsung selama satu jam dari pukul 10.30 sampai 11.30 WIB di ruang senat universitas tersebut.

"Ketiga orang calon menunggu di luar ruangan pemilihan, jadi kami diberitahu jumlah suara yang didapat setelah pemilihan berlangsung," kata dia.

Ridwan tertarik untuk mencalonkan diri menjadi rektor, karena melihat beberapa celah yang harus diperbaiki untuk mewujudkan visi dan misi jangka panjang Universita Bengkulu.

"Salah satu hal pokok adalah penguatan lembaga, agar cita-cita untuk menjadikan Unib ini menjadi universitas berkelas dunia terwujud," kata dia.

Terhitung masa jabatannya menjadi rektor, dia mengatakan, langsung akan memperkuat kelembagaan Universitas Bengkulu dengan memperkuat seluruh program studi dan fakultas di universitas tersebut.

"Biasanya untuk mengakomodasi kebutuhan program studi dan fakultas untuk memperkuat kelembagaan dari semua sisi kan menunggu anggaran baru di setiap akhir tahun. Nah sekarang dengan Badan Layanan Umum (BLU) akan dapat memberikan fleksibilitas kepada badan keuangan, jadi kapan fakultas membutuhkan nanti bisa diakomodasi, dan tidak lagi menunggu, dengan demikian kita bisa melakukan percepatan penguatan lembaga," kata dia.

Setelah penguatan kelembagaan, kata dia, barulah universitas Bengkulu bisa bersaing baik di regional, nasional maupun internasional.

"Target awal kita setelah penguatan, setidaknya kita bisa bersaing di tingkat ASEAN," kata dia.

Mengenai perombakan dan pembaharuan struktur kepegawaian universitas, menurut dia, akan dilaksanakan setelah mengevaluasi kinerja yang lama.

"Wakil rektor masa jabatannya baru habis bulan desember nanti, kita tidak akan lakukan secara terburu-buru, kita lihat dulu kinerja semuanya," kata dia.

Panitia pemilihan rektor Universitas Bengkulu Hardiansyah mengatakan, perolehan suara Ridwan Nurazi jauh mengungguli kandidat lain yang ikut maju pada pemilihan putaran ke dua.

"Prof Sudarwan Danim mendapatkan 12 suara, dan pak herlambang dapat lima suara. Sedangkan pemegang hak suara berjumlah 52 orang, 34 orang dari senat universitas dan 18 orang dari kementerian pendidikan," kata dia.

Namun senat yang memiliki hak suara pada pemilihan, kata dia, berjumlah 31 orang oleh karena tiga orang ikut pada ajang pemilihan.

"Tiga orang senat, yaitu Prof. Sudarwan Danim, Prof. Sigit Nugroho dan rektor yang baru terpilih," kata dia.

Pelantikan, kata dia, akan berlangsung pada bulan Oktober oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Rektor akan dilantik bersama rektor universitas lain yang saat ini juga dalam proses pemilihan rektor baru," kata dia.

Editor: Awi
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar