PU Siagakan pelaksana teknis kelancaran arus mudik

id PU, PU Sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Selatan menyiagakan petugas unit pelaksana teknis di sejumlah jalan demi kelancaran lalu lintas mudik Lebaran 2013.

"Unit Pelaksana Teknis Dinas saat ini bersiaga di beberapa titik yang rawan mengalami kerusakan jalan, tapi khusus jalan milik provinsi seperti di perbatasan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dan OKU Timur, demi kelancaran arus mudik," kata Pejabat Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Rizal Abdulah di Palembang, Jumat.

Ia mengemukakan, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) PU pada tingkat kabupaten/kota telah diberikan wewenang untuk bergerak sendiri terkait dengan kelancaran arus mudik itu, terutama untuk situasi luar biasa.

"Jika ada jalan yang rusak parak, kemudian menyebabkan kemacetan total maka tidak perlu menunggu perintah dari tingkat provinsi untuk memperbaiki, langsung bekerja saja," ujarnya.

Terkait dengan libur Lebaran, menurutnya telah diantisipasi Dinas PU Sumsel dengan mensiagakan sejumlah orang bukan PNS (pegawai perusahaan kontraktor).

Meski tidak membuat posko khusus, menurutnya upaya itu cukup efektif sebagai langkah pencegahan.

"Sistemnya seperti kontrak. Pemerintah Provinsi Sumsel membayar karyawan kontraktor untuk siaga pada sejumlah titik rawan dengan menyediakan sebuah alat berat status sewa," ujarnya.

Terkait dengan kondisi jalan di kawasan lintas timur, menurutnya menjadi tanggung jawab Balai Jalan Nasional Dirjen Pekerjaan Umum.

"Kesiapan jalan nasional untuk kelancaran arus mudik pada prinsipnya telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu sehingga Dinas PU Provinsi melanjutkan dengan membenahi jalan penghubung," ujarnya.