Jamsostek Muara Enim terapkan pelayanan satu pintu

id jamsostek, pelayanan, satu pintu

Jamsostek Muara Enim terapkan pelayanan satu pintu

PT.Jamsostek (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...PT Jamsostek Cabang Muara Enim memiliki potensi peserta sekitar 69 ribu tenaga kerja yang bekerja di sekitar 1.800 perusahaan...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - PT Jamsostek Cabang Muara Enim, Sumsel, melakukan inovasi dengan membuat sistem pelayanan satu pintu untuk memberi kemudahan kepada pekerja dan perusahaan peserta program.
         
Kepala Kantor Cabang Jamsostek Muara Enim, Mariansyah, dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan pelayanan satu pintu itu memudahkan perusahaan mendaftarkan tenaga kerjanya ke Jamsostek.
        
Kemudahan itu diharapkan mendorong perusahaan yang belum mengikutsertakan pekerjanya dalan program Jamsostek.

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan MoU dengan Pemda Muara Enim terkait dengan pelayanan satu pintu ini," kata  Mariansyah.   
 
Pelayanan satu pintu itu mengharuskan Kantor Cabang Muara Enim menempatkan petugasnya di Dinas Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Muara Enim.
         
"Jadi, setiap perusahaan yang berkepentingan dengan dinas tersebut akan diwajibkan mendaftarkan pekerjanya dalam program  Jamsostek, dan itu akan diatur melalui Perda," ucap Mariansyah.   
 
Saat ini PT Jamsostek Cabang Muara Enim memiliki potensi peserta sekitar 69 ribu tenaga kerja yang bekerja di sekitar 1.800 perusahaan.
        
Kepesertaan aktif yang terdata saat ini di PT Jamsostek Cabang Muara Enim sekitar 42 ribu, yang bekerja di sekitar 950 perusahaan yang tersebar di 11 kabupaten, di antaranya di Muara enim, Lahat, Prabumulih, Kabupaten Pali, OKU Timur, OKU Selatan, Batu Raja, Lubuk Linggau, Musi Rawas, Empat Lawang dan Pagar Alam.
 
 "Selama ini kami kesulitan menjangkau perusahaan yang ada di sini, mengingat jarak dari setiap kabupaten berkisar 3-5 jam dengan medan tempuh yang sulit dijangkau, tetapi dengan adanya pelayanan satu pintu dapat teratasi karena pengusaha yang datang ke kantor pemda," kata Mariansyah.
         
Program pelayanan satu pintu ini untuk sementara dimulai di Kantor Dinas Muara Enim dan akan dikembangkan ke 10 kabupaten/kota lainnya.   

Di tempat terpisah Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, mengatakan pelayanan satu pintu untuk Jamsostek akan segera direalisasikan.
         
"Kita akan berkoordinasi dengan PT Jamsostek Cabang Muara Enim. Kami juga meminta Bank Sulsel untuk ditempatkan di Dinas Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Muara Enim agar turut bersinergi," kata Muzakir.