Perbasi optimis sukses gelar ISG

id isg, tim survei isg

Perbasi optimis sukses gelar ISG

Islamic Solidarity Games (ISG) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia optimistis bakal sukses menggelar Islamic Solidarity Games di Palembang, 22 September--1 Oktober 2013, meski hanya memiliki masa persiapan sekitar dua bulan.

"Sama sekali tidak ada yang diragukan karena setelah memantau secara langsung arena yang akan digunakan, Perbasi optimistis bahwa pertandingan ISG nanti akan berjalan dengan baik," kata Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Bella Erwin sebelum rapat dengan Gubernur Sumatera Selatan dalam persiapan ISG di Palembang, Senin.

Pertandingan bola basket, kata dia, direncanakan digelar di Palembang Sport Convention Center, yakni suatu arena olahraga indoor berkapasitas 4.000 penonton.

Gedung olahraga berstandar internasional itu telah digunakan pada pertandingan bola voli pada SEA Games 2011 serta satu pertandingan ajang Asian Basketball League yang mempertemukan Indonesia Warriors dan Westports Malaysia Dragons, 26 April 2013.

"Gedung berpendingin ruangan dengan interior yang mewah ini akan sangat cocok dengan pertandingan bola basket yang umumnya akan diramaikan para penonton dari kalangan anak remaja," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa perhelatan olahraga negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam, khusus cabang olahraga bola basket akan diikuti 13 negara.

Sebanyak delapan tim akan bersaing memperebutkan medali pada kelompok putra, yakni dari negara Iran, Suriah, Yordania, Mesir, Aljazair, Sinegal, Turki, dan Indonesia. Sementara itu, lima tim putri, yakni Mesir, Irak, Suriah, Maroko, dan Indonesia.

"Indonesia sendiri selaku tuan rumah telah menyiapkan tim yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan nasional persiapan SEA Games Myanmar. Harus diakui, sulit untuk bersaing di ISG karena negara peserta masuk peringkat dunia sehingga Timnas hanya menjadikan ajang ini sebagai sasaran antara," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Perbasi Sumsel Hendri Zainuddin mengatakan bahwa pihaknya akan memberdayakan panitia lokal untuk menjadi petugas pertandingan dan keperluan lainnya.

"Hampir 90 persen anggota kepanitiaan akan berasal dari Sumsel. Hal ini untuk menghemat biaya dan sekaligus memberdayakan sumber daya manusia milik daerah sendiri. Bagi Sumsel, menjadi tuan rumah ISG ini suatu kebanggaan dan juga tantangan karena harus menyiapkan diri dalam waktu singkat," katanya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada hari ini menerima kunjungan perwakilan pengurus besar dari 13 cabang olahraga yang dipertandingkan pada ISG 2013 sebagai rangkaian persiapan menjelang pelaksanaan.

Sumatera Selatan ditetapkan sebagai tuan rumah ISG 2013 menggantikan Provinsi Riau dalam rapat koordinasi Menteri Pemuda dan Olahraga RI Roy Suryo, Menteri Agama RI Surya Dharma Ali, dan instansi terkait di Kantor Kemenkokesra, Jakarta, Selasa (2/7).

Sekitar 2.000 orang atlet dan 2.500 orang ofisial dari 25 negara akan ambil bagian dengan mengikuti 13 cabang olahraga.