Bongkar muat makanan meningkat di Boom Baru

id pelabuhan boom baru, bongkar muat, makanan

Bongkar muat makanan meningkat di Boom Baru

Aktivitas terminal konvensional non peti kemas di Pelabuhan Sungai Bom Baru Palembang (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Aktivitas bongkar muat sejumlah kebutuhan pokok dan makanan dalam kemasan di pelabuhaan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan menjelang bulan Ramadhan 1434 Hijriah/2013 mengalami peningkatan.

"Sejak awal Juli 2013, aktivitas bongkar muat bahan makanan mengalami peningkatan sekitar 30 persen dibandingkan beberapa bulan sebelumnya," kata Advisor Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan/Humas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) cabang setempat Duskisyah di Palembang, Jumat.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sepekan menjelang bulan suci Ramadhan aktivitas bongkar muat bahan makanan seperti terigu, beras, mi instan, makanan kaleng, dan bahan makanan lainnya mulai mengalami peningkatan.    

Aktivitas bongkar muat bahan makanan tersebut diprediksi akan terus meningkat, karena selain untuk mengatasi tingginya permintaan masyarakat selama bulan puasa juga untuk persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri pada bulan depan.  

Meskipun aktivitas bongkar muat bahan makanan mengalami peningkatan, namun aktivitas bongkar muat barang seperti semen, pupuk, peralatan mesin, karet olahan, serta aneka jenis barang lainnya masih mendominasi di dermaga peti kemas dan konvensional pelabuhan Boom Baru, katanya.

Dijelaskannya, untuk mengatasi peningkatan aktivitas bongkar muat bahan makanan sehingga tidak mengganggu pelayanan bongkar muat barang lainnya, pihaknya telah menyiapkan berbagai peralatan dan fasilitas pendukung serta meningkatkan koordinasi dengan mitra kerja seperti perusahaan bongkar muat untuk menambah tenaga kerjanya di pelabuhan.

Dengan persiapan tersebut, diharapkan aktivitas pelayanan bongkar muat barang dan bahan makanan di pelabuhan Boom Baru dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga tidak mengganggu pasokan berbagai kebutuhan masyarakat di daerah ini, katanya.