Palembang (ANTARA Sumsel) - Pendataan jumlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan di Sumatera Selatan sekarang ini masih banyak kendala yang dihadapi, sehingga perlu dimaksimalkan lagi, kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel MS Sumarwan.

"Memang masih ada kendala dalam pendataan jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) atau menerima bantuan sosial bagi masyakarat kurang mampu itu, kata Sumarwan di Palembang, Jumat.

Kendala yang dihadapi antara lain banyaknya rumah tangga sangat miskin penerima PKH sudah habis kontrak dan pindah lokasi.

Selain itu ada rumah tangga sangat miskin yang perekonomiannya sudah membaik sehingga perlu pemutakhiran data.

Selanjutnya, kata dia, wilayah pendamping PKH jauh dengan lokasi rumah tangga sangat miskin dari tempat penyaluran dana, sehingga memerlukan ongkos tambahan.

Sehubungan itu yang perlu menjadi perhatian agar program tersebut semakin lancar antara lain terus melaksanakan sosialisasi ke seluruh jajaran terkait.

Selain itu perlu membentuk sekretariat PKH di kabupaten dan kota penerima sehingga program tersebut semakin lancar.

Menurut dia, penerima PKH pada 2013 sebanyak enam kabupaten yakni Musirawas, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Empat Lawang, Prabumulih dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Sementara jumlah rumah tangga sangat miskin yang akan mendapatkan bantuan PKH itu tercatat 35.422 keluarga, katanya.

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar