Palembang kembangkan masakan tradisional lewat lomba

id masak, lomba masak

Palembang kembangkan masakan tradisional lewat lomba

Peserta lomba masak makanan khas tradisional Palembang (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengembangkan dan melestarikan masakan tradisional lewat perlombaan memasak berbagai makanan khas dalam rangkaian HUT Kota Palembang 2013.

"Kota tersebut telah menjadi kawasan wisata unggulan di Sumatera Selatan terutama wisata kuliner, karena itu pihaknya akan terus mendorong pelestarian dan pengembangan makanan tradisional," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palembang, Yung Sirwan, Selasa.

Menurut dia, dengan lomba memasak makanan tradisional yang diikuti 32 peserta dari perhotelan, restoran dan masyarakat pihaknya optimistis mampu melestarikan beragam kekayaan warisan Palembang.

Makanan telah menjadi salah satu produk wisata yang paling menarik wisatawan datang dan berkunjung ke Kota Palembang.

Ia mengatakan, pemkot berupaya optimal memfasilitasi masyarakat mengembangkan berbagai variasi makanan tradisional di daerah itu.

Tentunya, berbagai cara mereka lakukan termasuk lomba masakan khas Palembang dan memromosikan makanan untuk menarik peminat datang dan menikmati ke kota yang dibelah Sungai Musi tersebut.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Asfiudin menambahkan pihaknya menilai pemkot telah memfasilitasi promosi makanan tradisional di daerah tersebut sangat baik.

Karena itu, secara berkelanjutkan PHRI juga minta kepada anggota untuk mendukung penuh setiap upaya pemkot setempat mengembangkan dan melestarikan makanan khas, katanya.

Dia menjelaskan, hotel dan restoran di Kota Palembang dan Sumatera Selatan juga terus berperan aktif dalam mendorong perkembangan kuliner di daerah itu.

Dengan demikian, pihaknya berharap wisata kuliner Palembang semakin maju dan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu juga meningkat.