Jamsostek Palembang salurkan beasiswa 180 pelajar

id jamsostek, beasiswa pelajar

Jamsostek Palembang salurkan beasiswa 180 pelajar

PT.Jamsostek (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja menyalurkan beasiswa kepada 180 orang pelajar dan mahasiswa di Palembang, Kamis, sebagai bentuk realisasi alokasi dana peningkatan kesejahteraan peserta.

"Sebelumnya, pada bulan Mei lalu telah disalurkan kepada 65 orang pelajar, dan kini perealisasian untuk tahap kedua. Sementara total untuk tahun 2013 berjumlah 370 orang," kata Kepala PT Jamsostek Cabang Palembang Amani Al Husaini, Kamis, memberikan keterangan secara memberi bantuan secara langsung kepada penerima yang diwakili orangtua pelajar dan mahasiswa.

Ia mengemukakan, perusahaannya mengucurkan dana dengan total Rp700 juta untuk program beasiswa itu yang meliputi bantuan biaya pendidikan untuk siswa SD hingga SMA dan mahasiswa perguruan tinggi.

Untuk pelajar SD hingga SMP mendapatkan bantuan biaya pendidikan untuk periode satu tahun sebesar Rp1,8 juta, sedangkan SMA hingga mahasiswa perguruan tinggi mendapatkan Rp2,4 juta.

"Bantuan berupa beasiswa ini akan lebih ditingkatkan alokasinya pada tahun depan seiring dengan penambahan jumlah kepesertaan Jamsostek Cabang Palembang. Hal ini sebenarnya telah diwujudkan pada pengalokasian dalam dua tahun terakhir mengingat pada 2012 hanya membantu sekitar 200 orang," katanya.

Terkait dengan persyaratan penerima program beasiswa itu, menurutnya Jamsostek melakukan penyeleksian berdasarkan kepatuhan sebuah perusahaan dalam membayaran iuran, pelaporan upah, kelancaran pembayaran upah, hingga kelengkapan administrasi.

"Perusahaan akan diberikan jatah yang berbeda-beda, dan kemudian diberikan wewenang untuk menentukan karyawannya yang menerima. Tentunya, persyaratan utamanya yakni memiliki anak yang berprestasi dengan minimal peringkat satu hingga 15," ujarnya.

Ia menambahkan, beasiswa ini hanya berlangsung untuk satu tahun atau tidak menjamin keberlangsungan pada tahun berikutnya mengingat Jamsostek harus beralih ke perusahaan lain.

"Jamsostek Palembang membawahi empat kabupaten lainnya, yakni Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, dan Banyuasin, dan diupayakan semua perusahaan yang menjadi peserta merasakan program beasiswa ini," katanya.

Selain menjalankan program beasiswa, Jamsostek juga menjalankan program pinjaman uang muka perumahan kerja sama bank, pinjaman koperasi perusahaan, dan pembangunan rumah susun sewa sebagai bentuk realisasi dana peningkatan kesejahtaraan peserta.