Bongkar muat semen dominasi aktivitas pelabuhan

id pelabuhan, pelabuhan boom baru, bongkar muat semen

Bongkar muat semen dominasi aktivitas pelabuhan

Aktivitas terminal konvensional non peti kemas di pelabuhan Bom Baru Palembang (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Aktivitas bongkar muat semen dan aneka jenis barang lainnya pada Juni 2013 masih mendominasi di pelabuhaan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, sementara bahan makanan belum menunjukkan grafik peningkatan.

"Berdasarkan data dan fakta di lapangan, sekarang ini bongkar muat barang seperti semen, pupuk, peralatan mesin, karet olahan, serta aneka jenis barang lainnya masih mendominasi di dermaga peti kemas dan konvensional," kata Advisor Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan/Humas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) cabang setempat Duskisyah di Palembang, Selasa.

Dijelaskannya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sepekan menjelang bulan suci Ramadhan aktivitas bongkar muat bahan makanan seperti terigu, beras, mie instan, makanan kaleng, dan bahan makanan lainnya grafiknya baru mulai bergerak naik.    

Melihat kondisi tersebut, diprediksi pelabuhan ini mulai sibuk melakukan pelayanan bongkar muat bahan makanan pada minggu pertama Juli 2013, katanya.

Menurutnya, pelabuhan Boom Baru di perairan Sungai Musi yang dikelola PT Pelindo II Cabang Palembang, mayoritas melayani bongkar muat kapal milik perusahaan pelayaran dalam negeri sedangkan kapal luar negeri masih sangat minim.

Dalam kondisi normal, setiap bulannya rata-rata pihaknya melakukan pelayanan bongkar muat 100 kapal peti kemas dan non-peti kemas milik perusahaan pelayaran dalam negeri, pelayaran rakyat, dan pelayaran perintis antarpulau.

Sedangkan pelayanan bongkar muat kapal negara asing/tamu masih sedikit, paling banyak setiap bulannya 10 unit.