Pascaletusan magmatik Gunung Kerinci mulai normal

id pascaletusan, gunung kerinci, normal, jambi

Pascaletusan magmatik Gunung Kerinci mulai normal

Logo Pemerintah Provinsi Jambi (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

...Dari pantauan hari ini, visual puncak gunung tampak jelas, cuaca terang dan angin tenang, suhu 21 derajat celcius dengan kelembaban 68 persen. Asap tepal putih setinggi 50-300 meter condong ke barat...
Jambi (ANTARA Sumsel) - Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi menyatakan, pascaletusan magmatik beberapa hari lalu, aktivitas Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, kini mulai normal.
         
"Dari pantauan hari ini, visual puncak gunung tampak jelas, cuaca terang dan angin tenang, suhu 21 derajat celcius dengan kelembaban 68 persen. Asap tepal putih setinggi 50-300 meter condong ke barat," ujar Kasi Tanggap Darurat BPBD Provinsi Jambi, Dalmanto di Jambi, Rabu.
         
Menurut dia, aktivitas seismik tercatat 119 kali gempa, ampitudo maksimum 0,5-5 mm dan lama gempa antara 10-25.
         
"Untuk kondisi gunung tetap pada status waspada seperti sebelumnya," kata Dalmanto.
         
Dalmanto juga membantah apabila kejadian ledakan dan gempa magmatik yang terjadi pada Minggu (2/6) pagi merupakan kejadian letusan gunung seperti dianggap kebanyakan warga.
         
Ia menyatakan, kondisi itu hanya gempa magmatik yang diakibatkan adanya suhu panas yang ada di dalam perut gunung.
         
Sementara itu, untuk aktivitas pendakian juga masih diperbolehkan hingga batas 20 meter dari puncak gunung.
         
"Begitu juga dengan uap akibat gempa magmatik itu tidak beracun," ujarnya lagi.
         
Dalmanto juga mengimbau agar masyarakat sekitar gunung tidak perlu khawatir akan kejadian gempa magmatik itu. Namun demikian, baik masyarakat maupun pendaki juga harus tetap waspada dan berkoordinasi dengan tim pengawas Gunung Kerinci.
          
Gunung Kerinci yang juga sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura adalah gunung tertinggi di Sumatera sekaligus sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia, serta puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.
         
Gunung Kerinci terletak di Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, masuk pada kawasan pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang.
         
Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan merupakan habitat harimau Sumatera dan badak Sumatera.
         
Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas.
         
Gunung Kerinci juga memiliki kawah seluas 400x120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.
         
Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009.