Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksanaan seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri menjadi peluang besar putra daerah Sumatera Selatan menjadi mahasiswa Universitas Sriwijaya karena ujian digelar di Palembang.

"Biasanya, para putra daerah juga akan membidik seleksi jalur mandiri atau dikenal dengan sebutan Ujian Saringan Masuk karena para peserta mengikuti ujian di Palembang.

Berbeda dengan seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sifatnya terbuka dan bisa diikuti selain putra daerah," kata Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sriwijaya Zulkifli Dahlan di Palembang, Jumat.

Ia mengemukakan, seluruh lulusan Sekolah Menengah Atas mendapatkan kesempatan untuk mengikuti dua jalur seleksi bersifat nasional (SNMPTN dan SBMPTN) karena peserta dapat mengikuti sesuai dengan tempat tinggalnya masing-masing.

Sehingga, para putra daerah Sumsel akan bersaing dengan lulusan dari provinsi lain untuk meraih kursi di Unsri.

"Kesempatan akan lebih terbuka pada jalur mandiri, meskipun kuotanya tinggal 20 persen dari total mahasiswa yang diterima atau sekitar 1.280 kursi untuk tahun 2013," katanya.

Ia menambahkan, Unsri memberikan kuota 50 persen atau 3.200 orang untuk jalur SNMPTN dan 30 persen atau 1.920 orang untuk jalur SBMPTN.

"Pada tahun 2013 ini terdapat tiga jalur seleksi, untuk SNMPTN (jalur undangan) telah diumumkan pada 28 Mei, dan SBMPTN akan menggelar ujian tulis secara serentak di Indonesia pada 18-19 Juni 2013," katanya.

Menurutnya, Unsri memberikan kuota penerimaan mahasiswa baur berdasarkan Peraturan Pemerintah terkait SNMPTN atau Permen No 66/2010, Permendiknas No 34/2010, dan UU Perguruan Tinggi No 12/2012 pasal 73.

"Setiap perguruan tinggi diharuskan menyediakan kuota mahasiswa baru sebesar 60 persen melalui jalur seleksi nasional, sementara Unsri sendiri telah melebihi karena mencapai 70 persen melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN," ujarnya.

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar