PWI Kalteng gelar lomba dan pameran foto seni budaya

Ilustrasi- Dirut Pemberitaan Perum LKBN ANTARA, Ahmad Kusaeni (batik) bersama seniman Didi Petet (kiri) melihat foto yang dipamerkan pada Pameran Foto Hasil Worksop GEJA Angkatan XVIII. (FOTO ANTARA/R.Sukendi/13)

...Rangkaian lomba ini dilaksanakan pada 6 hingga 8 Juni nanti. Temanya sengaja kami pilih tentang seni, budaya dan pariwisata karena kami ingin mengangkat seni, budaya dan pariwisata...
Berita Terkait
Sampit, Kalteng (ANTARA Sumsel) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah menggelar lomba dan pameran foto seni, budaya dan pariwisata. Lomba ini diberi nama `"Peristiwa di Balik Lensa 2013".
          
"Rangkaian lomba ini dilaksanakan pada 6 hingga 8 Juni nanti. Temanya sengaja kami pilih tentang seni, budaya dan pariwisata karena kami ingin mengangkat seni, budaya dan pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur melalui event ini. Selain lomba, nanti juga ada kegiatan pameran," kata Ketua Panitia Pelaksana, Arifin di Sampit, Sabtu.
          
Lomba yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah ini dibagi pada dua kategori yaitu kategori umum dan kategori mahasiswa dan pelajar. Bagi masyarakat yang berminat bisa langsung mendaftar ke kantor PWI Perwakilan Kotim di Jalan Achmad Yani.
          
Pendaftaran dibuka sudah dibuka dan akan berakhir pada 3 Juni mendatang. Untuk pendaftar di kategori umum, tiap peserta dikenakan biaya pendaftaran Rp 100 ribu, sedangkan kategori mahasiswa dan pelajar hanya Rp 50 ribu. Panitia juga telah menyiapkan kaos cantik untuk 50 pendaftar pertama.
          
Ada beberapa ketentuan terkait foto yang boleh diikutkan dalam lomba, di antaranya yaitu foto harus karya sendiri alias bukan plagiat, merupakan foto asli yang tidak proses edit dan foto diambil paling lama tahun 2010. Panitia tidak membatasi sumber foto dari kamera SLR, pocket maupun kamera telepon selular.
          
Peserta tidak perlu cemas karena juri yang dihadirkan adalah orang yang berkompeten di bidang fotografer yaitu Ari Taufan yang merupakan fotografer senior di Kalteng dan Nordin yang merupakan spesialis foto makro. Panitia juga telah membuat aturan bahwa panitia tidak boleh menjadi peserta lomba foto tersebut.
          
Sementara itu Ketua PWI Perwakilan Kotim, Dhonny Harjo Saputro mengatakan, selain untuk mewadahi pehobi fotografi yang makin tumbuh di daerah ini, lomba ini juga didedikasikan untuk mendukung pemerintah daerah dalam melestarikan serta mengembangkan seni, budaya dan pariwisata di daerah ini.
          
Ke depannya kami merencanakan foto-foto terbaik akan kami masukkan dalam buku yang berisi foto-foto seni, budaya dan pariwisata. Makanya nanti foto yang diikutkan dalam lomba akan menjadi hak cipta panitia, tapi nanti kalau dimasukkan dalam buku maka nama pembuat foto akan tetap kita cantumkan,¿ ujar Dhonny.
          
Lebih jauh Dhonny memaparkan, `Peristiwa di Balik Lensa¿ dan pameran foto rencananya akan menjadi event tahunan PWI Perwakilan Kotim. Hanya, tiap tahun tema yang diangkat akan berbeda-beda.

"Jadi yang hobi fotografi siap-siap saja membingkai momen-momen terbaik dalam foto. Tahun ini kan temanya tentang seni, budaya dan pariwisata, tahun depan lagi misalnya human interest atau lainnya, begitu seterusnya," kata Dhonny.

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar