800 seniman se-Indonesia Temu Karya di Jambi

Ilustrasi(Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Helatan pada 4 hingga 8 Juni tersebut juga dipastikan akan dihadiri lima orang dari dua kementerian yakni Kemenparekraf dan Kemendikbud...
Berita Terkait
Jambi (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 800 seniman se-Indonesia telah memastikan bakal hadir pada agenda dwitahunan Temu Karya Taman Budaya 2013 di Kota Jambi, kata Kepala Taman Budaya Jambi DR Sri Purnama Syam, Sabtu.
         
"Ini data peserta yang akan jadi duta pada acara tersebut mewakili daerahnya, yakni 33 provinsi sudah memastikan hadir dengan timnya masing-masing yang diperkirakan terdiri dari 25 orang seniman dan budayawan," ujar Sri Purnama Syam di Jambi.
         
Dikatakan bahwa jumlah tersebut masih ditambah dengan para anggota tim perwakilan dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi, juga perwakilan paguyuban, komunitas dan lembaga budaya.
         
"Jumlah itu pun masih belum termasuk para tamu undangan dari baik dari kementerian maupun lainnya, juga belum termasuk pengunjung lokal dan dari provinsi-provinsi tetangga," ungkap Sri Purnama.
         
Helatan temu karya taman budaya yang 2013 digelar di Jambi tersebut setelah dua tahun sebelumnya di Taman Budaya Surabaya Jawa Timur menjadi momentum penting bagi taman budaya se-Indonesia, karena sekaligus menjadi ajang reuni nostalgia terhadap Jambi yang merupakan pencetus dari lahirnya program tetap dwi tahunan secara anasional tersebut.
         
"Sebelumnya di Surabaya, dan selanjutnya setelah Jambi yang jadi tuan rumah adalah provinsi Papua, karena itu kesempatan di Jambi tersebut diyakini akan memberikan tawaran lompatan kreatif bagi pertumbuhan gerak senibudaya nasional saat ini," kata dia.
         
Ditegaskan Sri Purnama Syam bahwa helatan pada 4 hingga 8 Juni tersebut juga dipastikan akan dihadiri lima orang dari dua kementerian yakni Kemenparekraf dan Kemendikbud.
         
Sementara secara materi kegiatan, Jambi menyuguhkan model penyelenggaraan materi yang baru yakni dengan memajukan genre senirupa dengan akan digelarnya pameran senirupa besar yang akan diisi dengan pameran lukisan, fotografi dan Instalasi, di mana pada helata serupa sebelumnya tidak atau belum pernah dilakukan.
         
"Di antara 33 provinsi tersebut, hanya tiga provinsi yang akan datang dengan bus yakni Sumbar, Riau, dan Bengkulu yang notabene adalah tetangga terdekat Jambi," ujar Sri Purnama.
         
Agenda acara mengangkat tema utama "mantra sebagai bagian kehidupan kebudayaan Indonesia dari masa ke masa" yang pada sesi seminar dan dialog akan di bahasa oleh tiga kurator nasional yakni DR Prudentia ketua Asosiasi Tradisi Lisan dan Dosen FIB UI, Prof DR Jacob Sumardjo dari STSI Bandung, dan DR Arthur S Nalan.
         
Sementara di bidang seni rupa akan menmapilkan tiga orang kurator nasional yakni Rizky Jailani, Siqin dan Herry Dim dari Bandung.

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar