Lomba masakan serba ikan

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Ada yang dibuat bistik, rolade ikan patin, sup ikan dan tidak terasa ada amisnya sehingga menarik seseorang untuk makan...
Berita Terkait
Bandarlampung (ANTARA Sumsel) - Pemenang "Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman serta Lomba Masakan Serba Ikan" di Kabupaten Waykanan Lampung memiliki kreativitas, inovasi dan keunikan, ujar Susi Prihatin, seorang dewan juri lomba itu.
        
"Para peserta mempunyai keunggulan masing-masing, misalnya tim Z memiliki kreativitas A dan tim X memiliki kreativitas B," kata Susi, di Gedung Serba Guna (GSG), Blambangan Umpu, Waykanan, Senin.
        
Pemerintah Kabupaten Waykanan melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan dengan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksanaan Penyuluhan menggelar "Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman serta Lomba Masakan Serba Ikan", diikuti 17 tim.
        
Terdiri dari 14 TP PKK Kecamatan di Waykanan , anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW), anggota Darma Wanita Persatuan dan Persatuan Pelajar SMK Jurusan Tata Boga.
        
Dewan juri dalam kegiatan itu antara lain Susi Prihatin, Aida Gursil dan Mardiana dari Ikatan Ahli Tata Boga (Ikaboga) Waykanan, lalu Novi Hendra dari TP PKK Kaupaten Waykanan dan Khoirul Anam dari Dinas Kesehatan setempat.
        
"Masakan peserta juga mempunyai inovasi dan cita rasa menonjol. Selain itu pula, punya keinginan ikan tidak melulu disajikan utuh sesuai bentuknya, namun dengan kreativitas," ujar Susi lagi.
        
Hasilnya, demikian Susi menambahkan, banyak masakan olahan berbahan ikan dan hasil pertanian lain menjadi unik.
        
"Ada yang dibuat bistik, rolade ikan patin, sup ikan dan tidak terasa ada amisnya sehingga menarik seseorang untuk makan," kata dia lagi.
        
Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Waykanan Raden Iskandar didampingi Kasi Prasarana dan Pengembangan Teknologi Bidang Perikanan Neli Panca Rini Rodi menjelaskan Pemenang Lomba Masakan Serba Ikan ialah TP PKK Gununglabuhan, merih Juara I.
        
"Lalu juara II diraih TP PKK Kecamatan Waytuba. Selanjutnya Juara III TP PKK Baradatu, lalu Juara Harapan I TP PKK Pakuanratu, Juara Harapan II TP PKK Kecamatan Bahuga dan Harapan III TP PKK Negeriagung," ujar Raden lagi.
        
Adapun Pemenang Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman sama dengan Juara I, II dan III Lomba Masakan Serba Ikan dan untuk Harapan I TP PKK Negarabatin.
        
"Dana kegiatan tersebut bersumber dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan , serta DPA Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksanaan Penyuluhan," ujar Raden menambahkan.


Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar