Pemkot diminta selektif terbitkan izin pembangunan pasar moderen

id pasar modern, pemkot selektif terbitkan izin pasar modern

Pemkot diminta selektif terbitkan izin pembangunan pasar moderen

Ilustrasi - Pasar modern (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang diminta selektif menerbitkan izin pembangunan pasar modern karena berakibat pada menurunnya pendapatan pedagang di pasar tradisional maupun toko-toko kecil milik masyarakat.

Junaidi (35) pemilik toko di Jalan Dwikora, Palembang, Jumat mengatakan sejak setahun ini transaksi penjualan beragam produk di toko yang dikelolanya menurun signifikan.

Awalnya, setiap bulan dia mencontohkan menjual sekitar 300 liter minyak goreng dalam kemasan kini berkurang hanya sebagian saja terjual.

Dia menjelaskan, kondisi itu diperkirakan akan terus terjadi tidak hanya dari beberapa jenis barang saja tetapi hampir semua produk yang mereka jual karena dijual juga di toko modern.

Perkiraan itu, tentunya sangat beralasan mengingat kini jumlah toko modern juga terus bertambah, seperti di kawasan tak jauh dari tokonya dua telah beroperasi dan satu unit pasar modern segera dibuka.

Hal senada diungkapkan, Bobby (29) yang mengaku toko orang tuanya terpaksa tutup karena penjualan beragam produk yang mereka tawarkan terus berkurang.

Menutup toko menjadi solusi mereka ambil guna mengurangi kerugian yang lebih besar akibat sepinya pembeli, katanya.

Sementara Direktur PD Pasar Palembang Djaja Syaifuddin Azhar menjelaskan idealnya, memang pembangunan pasar modern jangan terlalu dekat dengan pasar tradisional karena berdampak langsung pada pengurangan penjualan.

"Omzet pedagang pasar tradisional diketahui kini menurun akibat beroperasinya pasar - pasar modern tidak jauh dari lokasi pasar," katanya.

Dia menambahkan, tindakan tegas dari intansi terkait yang mengeluarkan izin pendirian maupun pengoperasian pasar itu sangat mereka harapkan untuk mengatasi masalah sepinya penjualan pedagang pasar tradisional.

Seleksi terhadap penerbitan izin pembangunan pasar modern harus dilakukan secara optimal agar pedagang di pasar tradisional pun bisa bertahan.