Duplikasi jembatan Ampera mendesak dibangun

id ampera, duplikasi jembatan ampera

Duplikasi jembatan Ampera mendesak dibangun

Jembatan Ampera Palembang (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Duplikasi jembatan Ampera sudah mendesak untuk dibangun guna mengurangi beban jembatan yang semakin padat dilalui kendaraan setiap hari.

"Kami berharap duplikasi jembatan Ampera ini sudah dibangun pada 2014," kata Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan HA Djauhari di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sebenarnya bukan duplikasi, tetapi jembatan pendamping Ampera, karena kalau duplikasi itu sama bentuknya.

Jadi, hanya jembatan pendamping guna mengurangi beban jembatan Ampera yang ada sekarang ini, katanya.

Ia berharap, biaya untuk pembangunan jembatan pendamping Ampera itu dari APBN dan juga dibantu APBD Sumsel.

"Sekarang sedang diusulkan ke pusat untuk pembangunan jembatan pendamping Ampera tersebut," ujarnya.

Beberapa waktu lalu DPRD Sumsel juga sudah ke Kementerian PU untuk memperjuangkan pembangunan jembatan pendamping Ampera tersebut dan ditanggapi positif, tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan jembatan pendamping Ampera ini lebih mudah, karena tidak perlu pembebasan lahan lagi, sebab sudah ada.

Sebelumnya Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Edward Jaya berharap, pada 2014 nanti sudah dimulai pembangunan duplikasi jembatan Ampera tersebut dengan harapan anggarannya berasal dari APBN.

�Akan tetapi, lanjutnya, kalau memang dari pusat sulit mendapatkan anggarannya, bisa saja nanti menggunakan dana dari APBD Sumsel dengan multiyears tiga tahun anggaran untuk pembangunan duplikasi jembatan tersebut.

Untuk pembangunan duplikasi jembatan Ampera itu memerlukan dana sekitar Rp300 miliar, jadi paling tidak pemerintah pusat bisa membantu separuh dari jumlah tersebut, katanya.