Palembang (ANTARA Sumsel) - Proyek pembangunan kawasan ekonomi khusus di Tajung Api Api, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan akan dipercepat karena nantinya daerah itu dapat menyerap ribuan tenaga kerja, kata Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel H Yusri Effendi.

Pada rapat persiapan percepatan pembentukan kawasan ekonomi khusus di Palembang, Jumat, Yusri mengatakan, sekarang ini bila ada kendala di lapangan harus segera diselesaikan supaya kawasan tersebut dapat segera terwujud.

Dia mencontohkan, permasalahan lahan yang masih ada belum diselesaikan diharapkan pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk segera menuntaskan.

Hal ini karena berdasarkan data masih beberapa hektare lagi tanah milik warga belum diganti rugi yang menjadi salah satu syarat pembentukan kawasan ekonomi khusus.

Langkah untuk mempercepat pembangunan kawasan ekonomi khusus, pihaknya akan membentuk tim yang akan menangani langsung program tersebut.

Kabid Penataan Ruang dan Wilayah BAPPEDA Sumsel Regina Apriyanti mengatakan, kawasan ekonomi khusus tersebut analisa dampak lingkungannya sudah selesai.

Namun, sekarang ini masih ada lahan yang belum diganti rugi karena kepemilikannya belum jelas.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Nasrun Umar mengatakan, kawasan ekonomi khusus harus didukung berbagai fasilitas seperti jalan dan infrastruktur lainnya.

Menurut dia, pada umumnya terbentuknya kawasan ekonomi khusus harus ada industri di wilayah tersebut.

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar