Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan fokus menyiapkan atlet mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional di Jakarta, 8-14 September 2013, untuk memenuhi target meraih dua medali emas.

"Sebanyak 12 orang atlet saat ini menjalani latihan intensif lima kali dalam sepekan untuk mematangkan persiapan mengikuti Popnas di Gedung Olahraga Ranau Jakabaring," kata Pelatih Senam Sumsel Fauzan di Palembang, Senin.

Ia mengemukakan, ke-12 atlet yang tercatat sebagai siswa Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya itu nantinya akan diseleksi untuk diciutkan menjadi 10 orang.

Ke-10 orang itu, empat diantaranya akan memperkuat tim putra yang turun pada nomor lantai, kuda pelana, meja lompat, palang sejajar, palang tunggal, dan gelang-gelang.

Sementara tim putri yang juga terdiri atas empat atlet akan berlaga pada nomor lantai, meja lompat, balok keseimbangan, dan palang bertingkat.

Serta dua atlet lainnya akan turun pada nomor senam ritmik.

"Seleksi sifatnya berjalan, yakni dengan mengamati perkembangan atlet setiap latihan. Siapa yang menunjukkan kemajuan maka akan dipilih," ujarnya.

Ia menambahkan, setelah tim inti terbentuk maka akan digelar pemusatan latihan yakni satu bulan sebelum pertandingan untuk mematangkan kesiapan teknik dan mental.

Pemusatan latihan itu sangat dibutuhkan mengingat Tim Sumsel ditargetkan meraih hasil lebih baik dibandingkan Popnas 2010 yang meraih satu emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

"Peluang cukup terbuka untuk "mencuri" satu hingga dua medali emas, selebihnya harus diakui masih Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta yang merajai," ujar peraih medali perunggu PON XVIII di Riau tahun 2012 ini.

Prestasi olahraga senam di Sumsel mulai menanjak saat daerah menjadi tuan rumah PON XVI tahun 2004.

Setelah berjalan kurang lebih satu dekade, prestasi senam Sumsel bisa dikatakan relatif lambat karena para atletnya belum banyak berbicara pada tingkat nasional.

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar