Kertapati dan Sebrang Ulu kantong suara Sarimuda

id sarimuda, sementara unggul

Kertapati dan Sebrang Ulu kantong suara Sarimuda

Persi LKPI, Pasangan Sarimuda-Nelly menang tipis atas Romy-Harno (Foto Antarasumsel.com/13/Doly Rosanah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kecamatan Kertapati dan Seberang Ulu II menjadi kantor suara pasangan Sarimuda-Nelly Rosdiana pada Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang berdasarkan hasil penghitungan cepat Lembaga Kajian Publik Independen, Minggu.

"Ada pemilih fanatik Sarimuda yang kami amati untuk dua kecamatan karena beberapa TPS  menjadi sampel menempatkan angka hingga 70 persen," kata Direktur Eksekutif LKPI Arianto M Yusuf sesuai mengumumkan hasil penghitungan cepat dalam keterangan pers bersama Sarimuda dan Nelly.
     
Sementara lumbung suara pasangan Romi-Harno berada di Kecamatan Sematang Borang, Sukarame, Talang Jambe, dan Sukamulya.

Meski hasil menempatkan pasangan nomor urut tiga Sarimuda-Nelly Rosdiana sementara mengungguli Romi-Harnojoyo, namun LKPI enggan menyebut siapa yang berhak menang pada penghitungan cepat itu karena hanya unggul 2,2 persen atau 44,79 persen.
     
"Meski secara nyata sementara Sarimuda-Nelly unggul tapi LKPI tidak bisa memposisikan Romi-Harnojoyo sebagai pasangan yang kalah, karena tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada Kota Palembang sangat rendah sehingga berpengaruh pada "margin error" (tingkat kesalahan) awal sebesar plus minus satu persen," katanya.

Ia mengemukakan, semula memakai metodelogi itu dengan asumsi partisipasi masyarakat mencapai 75-80 persen.

Namun, pihaknya demikian terkejut karena antusias masyarakat Kota Palembang sangat rendah yakni hanya 66,1 persen atau 82.760 orang (dalam sampel yang diambil di 200 TPS), sehingga "margin error" bertambah menjadi plus minus tiga persen.

"Inilah yang menyebabkan LKPI tidak berani menyebut Sarimuda-Nelly unggul meski secara absolut demikian," katanya.

Hasil akhir penghitungan cepat LKPI menggunakan sampel pada 200 TPS dari total 2.650 unit TPS di Palembang.
     
Sementara, pasangan nomor urut 1 Mularis Djahri-Husni Thamrin berada pada urutan tiga dengan meraih 12,16 persen.