Palembang (ANTARA Sumsel) -  Gajah "Bona-Boni" dijadikan maskot Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN XVII di Palembang, Sumatera Selatan tahun 2014.

"Sumsel memilih Bona-Boni karena sudah disayembarakan sebelumnya," kata Anggota Panitia Persiapan POM ASEAN Maryamah di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan, maskot POM ASEAN itu dalam waktu dekat akan disosialisasikan ke beberapa negara peserta setelah diresmikan panitia pelaksana yang terdiri atas Pemerintah Provinsi Sumsel, KONI, dan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Pada pertemuan delegasi negara peserta POM ASEAN di Palembang, pertengahan Maret lalu, menurutnya telah disosialisasikan mengenai maskot itu.

"Segera setelah Bona-Boni dibuat sebagai maskot tiap-tiap cabang olahraga yang dipertandingan, maka akan disosialisasikan ke masyarakat umum terutama kalangan mahasiswa. Tentunya, akan menampilkan ciri khas Sumsel seperti menggunakan kain songket," ujarnya.

Ia menambahkan, perhelatan ASEAN University Games di Palembang diprediksi bakal lebih banyak dibandingkan ajang sebelumnya yakni di Laos tahun 2012, lantaran letak geografis kota yang relatif dekat dengan negara-negara peserta.

Selain itu, fasilitas olahraga berstandar internasional seperti arena renang terbaik di Asia setelah di Beijing, stadion atletik standar olimpiade, hingga stadion sepak bola berkapasitas 40 ribu orang, diyakini bakal menjadi daya tarik tersendiri.

"Antusias dari negara-negara peserta telah dinyatakan dalam pertemuan perwakilan delegasi beberapa waktu lalu, ini sebagai peringatan bagi Sumsel bahwa harus bekerja lebih keras dibandingkan SEA Games lalu untuk meraih kesuksesan serupa," ujarnya.

Sebanyak 5.000 atlet dan sekitar 2.000 ofisial diperkirakan mengikuti ajang bergengsi antarmahasiswa ke-17 itu yang mempetandingkan 21 cabang olahraga.

Meski perhelatan itu tidak seakbar SEA Games, namun secara jumlah peserta akan meningkat tiga kali lipat, menyusul peran Sumsel sebagai tuan rumah tunggal, katanya.

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar