Tiga pasangan calon wali kota sampaikan visi-misi

id calon wako, calon walikota palembang

Tiga pasangan calon wali kota sampaikan  visi-misi

Rapat paripurna istimewa penyampaian visi misi calon wali kota - wakil wali kota Palembang, Kamis (21/3). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak tiga pasangan calon wali kota-wakil Wali Kota Palembang "adu" visi misi mereka pada hari pertama kampanye melalui rapat paripurna istimewa masa persidangan ke-1 di DPRD setempat.

Rapat paripurna istimewa penyampaian visi misi calon wali kota-wakil wali kota itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Palembang Fahlevi Maizano, Kamis.

Tiga pasangan calon wali kota-wakil wali kota yang memaparkan visi misi itu yakni Mularis Djahri-Husni Thamrin (nomor 1), Romi Herton-Harnojoyo (nomor 2) dan Sarimuda-Nelly Rosdiana (nomor 3).

Penyampaian visi misi itu dilakukan sesuai dengan nomor urut pasangan calon wali kota-wakil Wali Kota Palembang dengan dibatasi waktunya selama 25 menit.

Calon Wali Kota Palembang Mularis Djahri mengatakan, visi mereka terwujudnya masyarakat kota yang makmur, unggul, religius, berjiwa nasionalis dan berwawasan internasional.

Sedangkan misi mereka adalah makmur, unggul, religius, nasionalis dan intrenasional, katanya.

Sementara Calon Wali Kota Romi Herton menawarkan visi "Palembang Emas 2018" yang mengandung makna Palembang.

Pemerintahan amanah, pemberdayaan lembaga masyarakat, ekonomi kerakyatan, mandiri, bersih, aman, berkembang, pemerintahan bersih, ekonomi kerakyatan, religius dan adil serta mewujudkan Kota Palembang yang elok, metropolis, beradat dan sejahtera.

Misinya menciptakan tata kelola pemerintahan yang amanah dan berwibawa serta peningkatkan pelayanan masyarakat. Kemudian menciptakan Kota Palembang lebih aman untuk berinvestasi dan mandiri dalam pembangunan, meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan pemberdayaan masyarakat kelurahan, mendorong keimanan dan ketakwaan masyarakat sehingga terciptanya masyarakat yang religius.

Selanjutnya meningkatkan Kota Palembang lebih bersih dan aman dalam pembangunan, melanjutkan perkembangan kota yang elok sebagai kota metropolitan bertaraf internasional, beradat serta sejahtera, ujarnya.

Ia mengatakan, mereka akan melanjutkan peningkatan kualitas pendidikan dengan membangun sekolah-sekolah unggulan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan membangun cabang-cabang rumah sakit, pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Selain itu, pembangunan sarana dan prasarana transportasi kota, jembatan Musi III, Musi IV, Musi V dan Musi VI, pembangunan jembatan layang simpang bandara, jalan terowongan simpang charitas, monorel bandara, angkutan massal transmusi dan angkutan air serta penataan kawasan wisata tepian Sungai Musi, ujarnya.

Sementara Calon Wali Kota Sarimuda menuturkan, visi mereka adalah Palembang kota maju, berkualitas, religius dan berbudaya tahun 2018.

Sedangkan misinya menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik berdasarkan kaidah "good governance" (pemerintahan yang baik), mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, membangun dan meningkatkan sarana prasarana kota handal dan berkualitas.

Kemudian mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan, investasi, industri, perdagangan dan jasa serta meningkatkan jejaring kerja sama nasional, regional dan internasional.

Mewujudkan kota yang humanis, religius, berbudaya, tertib, nyaman, aman dan damai serta memberdayakan masyarakat, mengembangkan kearifan lokal dan melestarikan lingkungan dalam pembangunan, tuturnya.

Strategis yang dilakukan dengan gerakan tiga S (geratis) yakni sehat, sekolah, sejahtera, katanya.

Tiga pasangan calon wali kota-wakil wali kota itu hanya memaparkan visi misi mereka saja dan tidak ada tanya jawab pada kesempatan tersebut, juga sudah memanfaatkan waktu yang diberikan untuk menarik simpati para undangan hadir di gedung DPRD Palembang tersebut.