Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang setelah sukses program kawasan bebas kendaraan, sekarang menyiapkan desain sepanjang Jalan Merdeka dari Mesjid Agung ke Kambang Iwak menjadi kawasan yang ramah bagi pejalan kaki atau "merdeka walk".

"Kami menyiapkan sepanjang jalan itu bukan hanya sebatas sarana jalan kaki yang aman seperti pedestrian, tetapi juga objek wisata terutama bangunan "heritage", kata Kepala Bappeda kota setempat Muhammad Sapri usai pembukaan Musrenbang 2014, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, penataan Jalan Merdeka menjadi salah satu fokus kerja pemkot setempat.

Bukan hanya pembangunan pedestrian jalan, tetapi juga penyeragaman pagar rumah dan bangunan lain juga dilakukan untuk menata kawasan itu.

Ia mengatakan, bangunan bersejarah atau heritage, seperti kantor wali kota akan menjadi salah satu objek wisata "merdeka walk".

Optimalisasi kawasan itu ditargetkan selesai tahun 2014.

Dia menjelaskan, selain jadi objek wisata "merdeka walk" juga akan memudahkan siapapun yang ingin menikmati berjalan kaki dengan aman dan nyaman.

Sementara fasilitas "jogging" dapat dijumpai di Kambang Iwak.

Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra menambahkan, "merdeka walk" menjadi salah satu program yang mesti segera direalisasikan.

Sebagai kota besar tentunya Palembang membutuhkan sarana pendukung lainnya bukan hanya insfrastruktur jalan, tetapi mengoptimalkan fasilitas pejalan kaki.

Dia mengatakan, "merdeka walk" itu nantinya akan mengarah pada dipermanenkanya program hari bebas kendaraan bermotor di lokasi tersebut.

Tentunya, akan berdampak banyak bagi masyarakat mulai dari udara lebih bersih dan kawasan tertata bagus, katanya.

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar