Jambi  (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi menyatakan pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwako) Jambi diikuti empat pasangan calon kepala daerah yang pemilihannya akan digelar 29 Juni 2013.

Ketua KPU Kota Jambi Ratna Dewi yang didampingi komisioner KPU lainnya usai menutup pendaftaran pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota periode 2013-2018 di gedung KPU, Senin, mengatakan, hingga batas akhir pendaftaran ada empat pasangan yang mendaftar.

"Yang mendaftar ke KPU sebanyak empat pasangan bakal calon dan seluruh berkas pencalonan dinyatakan lengkap. Dengan demikian Pilwako kali ini akan diikuti empat pasangan," katanya.

Pasangan yang telah mendaftar ke KPU adalah Sum Indra-Maulana dengan sebutan Simpatik yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Pasangan ini mendaftar pada 15 Maret 2013. Sehari Kemudian mendaftar pasangan Effendi Hatta-Asnawi AB (Fena) yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Hanura.

Pada 17 Maret 2013 yang mendaftar pasangan SY Fasya-Abdullah Sani (FAS) yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Barnas, Partai Indonesia Sejahtera (PIS) dan PDP dan PDS.

Sedangkan pendaftar terakhir, pada Senin, yakni pasangan Bambang Priyanto-Yeri Muthalib. Pasangan ini diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan Partai Pemuda Indonesia (PPI) ikut mendukung pasangan calon petahana (incumbent) itu.

Ratna menjelaskan, berkas semua bakal pasangan calon akan diverifikasi untuk mendapatkan kebenaran dan keabsahan atas dokumen yang telah mereka terima dari kandidat, hasilnya akan disampaikan kepada masing-masing bakal calon.

Kemudian, sebelum kandidat ditetapkan sebagai pasangan calon wali kota-wakil wali kota pada Pilwako mendatang, mereka wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Jambi.

IDI akan menunjuk tim dokter yang bertugas untuk melakukan cek medis masing-masing calon. Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di sebuah rumah sakit yang ditunjuk oleh IDI, namun tanggal pelaksanaan pemeriksaan kesehatan belum ditentukan.

Setelah proses pemeriksaan kesehatan selesai dan hasilnya diterima KPU, selanjutnya penyelenggara akan menyampaikan hasil tersebut kepada masing-masing pasangan calon pada 13 Mei 2013.

Pada 15-17 Mei 2013, KPU mengumumkan pasangan bakal calon yang memenuhi syarat sebagai calon wali kota dan wakil wali kota, sehari kemudian KPU menetapkan, menentukan nomor urut dan mengumumkan pasangan calon.

Ratna berharap kepada keempat pasangan untuk mendukung upaya KPU mewujudkan pelaksanaan Pilwako yang jujur adil dan penyelenggaraannya tertib, aman dan lancar.

"Kami juga berharap penuh dukungan pihak kepolisian dalam pengamanan tiap tahapan Pilwako Jambi," tambahnya.

Editor: Awi
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar