Tingkat keterpilihan Sarimuda-Nelly jelang Pilkada tertinggi

id sarimuda, calon wali kota palembang

Tingkat keterpilihan  Sarimuda-Nelly jelang Pilkada tertinggi

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid. (Antarasumsel.com/13/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Elektabilitas atau tingkat keterpilihan pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Palembang Sarimuda-Nelly Rosdiana menjelang pelaksanaan Pilkada setempat tertinggi berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 16-22 Februari 2013

Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Palembang Sarimuda-Nelly Rosdiana memiliki elektabilitas tertinggi di mata masyarakat yaitu sekitar 35,29 persen, kata Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid, di Palembang, Selasa.

Menurut survei itu, elektabilitas pada posisi kedua adalah pasangan Romi Herton-Harnojoyo mencapai 31,47 persen.

Selanjutnya elektabilitas terendah adalah pasangan Mularis Djahri-Husni Thamrin dengan 11,47 persen, kata Husin pula.

Sisanya sekitar 21,76 persen suara mengambang atau belum menentukan pilihan.

Survei itu dilakukan dengan teknik multistage random sampling dengan 1.070 responden yang tersebar di 16 kecamatan dan 107 kelurahan di Kota Palembang.

Adapun margin error (tingkat kesalahan) metode survei ini sekitar 2,5 persen, dengan melakukan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner yang dilaksanakan pada 16-22 Februari lalu, ujar dia lagi.

Alasan masyarakat memilih Sarimuda-Nelly Rosdiana yakni inovatif, jujur, berpengalaman, berintegritas, dan percaya dengan kemampuannya, perhatian dengan rakyat, kinerja baik dan suka dengan kepribadiannya.

Sedangkan alasan memilih Romi Herton-Harnojoyo karena suka dengan figurnya, kinerja baik dan pintar.

Alasan responden memilih pasangan Mularis Djahri-Husni Thamrin yakni mengerti situasi Kota Palembang, berwibawa, peduli dengan rakyat, sudah terbukti kepemimpinannya, tegas, percaya dengan kepemimpinannya, suka dengan figurnya, dan berpengalaman.

Pelaksanaan pemilihan wali kota Palembang akan berlangsung pada 7 April 2013.