Bangka Tengah promosikan pariwisata di Sumbagsel Expo

id pariwisata, wisata, bangka tengah, pameran

Bangka Tengah promosikan pariwisata di Sumbagsel Expo

ILustrasi. (FOTO ANTARA)

Pangkalanbaru (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Bangka Tengah memamerkan potensi pariwisata dalam acara Sumbagsel Expo, Kamis (7/3) hingga Minggu (10/3), sebagai salah satu upaya mempromosikan objek wisata guna meningkatkan tingkat kunjungan turis ke daerah itu.

"Mengikuti ajang pameran seperti itu merupakan cara efektif untuk mempromosikan potensi daerah kita," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Bangka Tengah (Bateng) Zuhriyah di Pangkalanbaru, Jumat.

Zuhriyah menjelaskan, dalam expo tersebut, Disbudpora bekerja sama dengan beberapa industri kecil menengah (IKM) di Bangka Tengah untuk menggelar pameran.

"Kepariwisataan harus ditunjang dengan industri. Oleh sebab itu, kami menggandeng IKM, terutama industri kreatif untuk turut mempromosikan kepariwisataan Bangka Tengah," katanya.

Dalam pameran tersebut beberapa IKM, seperti perajin kopyah resam khas Bangka, perajin cual, dan makanan hasil olahan ikan turut meramaikan stan Kabupaten Bangka Tengah.

Lebih lanjut Zuhriyah mengatakan bahwa Kabupaten Bangka Tengah memiliki potensi wisata alam yang menarik di samping potensi wisata lain, seperti kebudayaan.

"Kami memiliki pantai-pantai yang indah dan pulau-pulau kecil yang menawan, seperti Pulau Ketawai, yang rutin menjadi persinggahan kapal pesiar," katanya.

"Sumbagsel Expo and Forum 2013" yang digelar di Hotel Novotel Convention Center dilaksanakan selama empat hari hingga Minggu (10/3), diikuti 60 peserta dari dinas-dinas di lingkungan pemerintahan provinsi, kabupaten/kota, kementerian, perusahaan BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta," ujarnya.

Event tersebut merupakan pameran potensi investasi dan produk unggulan terbesar di kawasan Sumbagsel agar terjadi kesetaraan dan percepatan pembangunan di Indonesia.

Acara dibuka oleh Deputi Kemenko Perekonomian Luki Eko Wuryanto dan dihadiri oleh investor asing dari luar seperti Mexico, Venezuela, dan Selandia Baru.

Duta Besar Kuba untuk Indonesia Enna Viant Valdes juga turut hadir dalam pembukaan yang berlangsung pada hari Kamis (7/3).