Lapangan terbang Atung Bungsu Pagaralam diresmikan

id lapter, lapangan terbang

Lapangan terbang Atung Bungsu Pagaralam diresmikan

Lapter Kota Pagaralam (FOTO Antarasumsel.com/Asnadi)

Palembang (Antara Sumsel) - Lapangan terbang Atung Bungsu Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, setelah selesai dibangun langsung diresmikan pemakaiannya oleh Gubernur Alex Noerdin sekaligus dialkukan uji coba penerbangan.

Uji coba terbang dan mendarat perdana di lapangan terbang "Atung Bungsu" di Kelurahan Atung Bungsu Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Kamis juga dihadiri Komjen Pol Susno Duadji sebagai pemuka masyarakat setempat.

Gubernur Sumsel dalam peresmian itu mengajak semua lapisan masyarakat agar bersatu dan solid dalam membangun Kota Pagaralam, sehingga hasil pertanian dan objek wisata yang ada dapat lebih ditingkatkan serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dengan maksimalnya hasil pertaian tersebut maka akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat, kata dia.

Pihaknya siap membantu meningkatkan pembangunan di Kota Pagaralam termasuk mengembangkan objek wisata yang ada.

Hal ini karena Kota Pagaralam kaya akan hasil sayur mayur, objek wisata dan itu harus terus dikembangkan.

Menurut dia, sebelum menjabat gubernur, Wali Kota Pagaralam pernah mengatakan akan membangun Bandara di kota tersebut dan kenyataannya telah terwujud sehingga masyarakat dapat menikmatinya.

Selain itu masyarakat Pagaralam di masa mendatang akan mampu mengekspor secara langsung hasil pertanian dan bunga ke Singapura melalui Lapangan Terbang Atung Bungsu.

Sebagai gubernur, pihaknya akan menjamin Lapangan Terbang Atung Bungsu akan menjadi bandara kecil terbaik di Sumsel, kata dia.

Wali Kota Pagaralam Djazuli Kuris mengatakan, alasan pembangunan Bandara tersebut karena jarak tempuh ke Kota Palembang mencapai 7 hingga 10 jam melalui jalan darat sehingga hasil sayur-sayuran, padi, kopi, dan kakao mengalami kesulitan dalam pemasaran.

Dengan adanya lapangan tersebut dapat memperpendek jarak antara Kota Pagaralam dengan daerah lain di Indonesia sehingga objek-objek wisata yang ada akan menjadi primadona wisatawan untuk berkunjung.

Kemudian, sebagai penghasil sayuran dataran tinggi di Sumsel, Kota Pagaralam akan menjadi pusat distribusi sayuran ke seluruh Sumsel, dan Indonesia.

Bukan hanya itu, daerah sekitar Kota Pagaralam yang terkenal dengan kesuburan tanahnya bisa mengundang para investor untuk menanamkan modalnya sehingga kota tersebut dapat dijadikan pusat pertanian.

Komjen Pol Susno Djuadji mengatakan, pihaknya akan membangun antara lain hotel berbintang, tempat hiburan di Kota Pagaralam agar masyarakat dapat menikmati fasilitas pembangunan yang selama ini hanya dapat dilihat melalui media cetak dan TV.

Jalan raya Kota Pagaralam menuju Kota Bengkulu yang dulunya adalah jalan provinsi dan sekarang ini menjadi jalan negara. Daerah ini juga sukses menjadi tuan rumah penyelenggara SEA Games, katanya.(U005)