Pelabuhan Tanjung Api-Api akan ditetapkan kawasan ekonomi khusus

id tanjung api-api, pelabuhan tanjung api-api

Pelabuhan Tanjung Api-Api akan ditetapkan kawasan ekonomi khusus

Ilustrasi-Aktivitas di pelabuhan (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antara Sumsel) - Pelabuhan laut Tajung Api Api di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan akan ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus, sekarang ini tinggal menunggu Keputusan Presiden yang diharapkan akhir Maret 2013 keluar.

Hal itu berdasarkan laporan Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam pertemuan beberapa waktu lalu, kata Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pada pertemuan dengan para wartawan di Palembang, Rabu.

Pertemuan dengan awak media cetak dan elektronik itu diselenggarakan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumsel.

Menurut dia, lokasi tersebut memang sudah diusulkan ke pemerintah pusat untuk menjadi kawasan ekonomi khusus karena daerahnya cukup strategis.

Hal ini karena kawasan pelabuhan Tanjung Api-Api juga akan dibangun rel kereta api ganda untuk mengangkut hasil tambang batu bara dan hasil lainnya.

Selain itu juga akan dibangun berbagai pabrik seperti pabrik pupuk dan industri alumunium, hingga wilayah tersebut dapat menampung ribuan tenaga kerja.

Jadi wajar bila lokasi itu menjadi kawasan ekonomi khusus, karena akan dibangun berbagai fasilitas untuk kegiatan perekonomian rakyat dan perusahaan.

Selain itu kawasan tersebut juga telah selesai dibangun pelabuhan penyeberangan meunuju Bangka Belitung, dan saat ini tinggal menunggu perbaikan jalan untuk diresmikan.

Sementara mengenai pembangunan kawasan Tanjung Api Api secara umum termasuk rel kereta api, menurut dia, sudah banyak investor yang berminat.

Mengenai pelaksanaan sendiri masih menunggu perizinan yang sekarang ini masih diusahakan kepemerintah pusat, katanya.(U005)