Bengkulu canangkan program "jemput sakit pulang sehat"

id kesehatan, fasilitas layanan kesehatan rumah sakit

Bengkulu canangkan program "jemput sakit pulang sehat"

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Bengkulu (Antara Sumsel) - Pemerintah Kota Bengkulu  meluncurkan program "Jemput sakit pulang sehat", merupakan sistem baru bidang kesehatan yang dimulai tahun 2013.

Wali Kota Helmi Hasan di Bengkulu, Selasa meluncurkan program baru dibidang kesehatan tersebut dengan nama "Jemput Sakit Pulang Sehat".

"Ada masyarakat yang membiarkan penyakitnya karena tidak punya uang dan berbelit-belitnya masalah administrasi," katanya.

Dia menjelaskan, dengan program tersebut pemerintah bisa memberikan prioritas pelayanan kesehatan untuk memudahkan masyarakat dengan cara menjemput langsung pasien.

"Pasien yang akan mendapatkan pelayanan tersebut tentu memiliki kriteria tertentu memang benar-benar membutuhkan program itu," kata dia.

Untuk memudahkan layanan tersebut, pemerintah setempat juga membuat pusat layanan pengaduan berupa "call center" dan "sms center".

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu drg Edriwan Mansyur mengatakan, kriteria pasien yang akan mendapatkan fasilitas program baru itu adalah pasien miskin serta pasien darurat.

Menurutnya, pasien tidak hanya dilayani dalam bentuk antar jemput pasien yang sakit, tetapi juga pelayanan di rumah sakit daerah maupun rujukan sampai ke Jakarta.

"Semoga program ini bisa menjadi sesuatu aksi nyata dari bentuk perhatian pemerintah terhadap rakyat yang membutuhkan," katanya.(ANT)