Songket khas Palembang ikut "Indonesia Fashion Week"

id kain songket, kain jumputan palembang

Songket khas Palembang ikut "Indonesia Fashion Week"

Kain khas Palembang (Foto antarasumsel.com/13/Dolly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Busana yang berbahan kain khas Palembang, seperti jumputan dan blongsong serta songket dijadwalkan dipamerkan pada Indonesia Fashion Week 2013, di Jakarta.

"Kami akan memamerkan beragam busana berbahan khas Palembang di Indonesia Fashion Week, 14-17 Februari," kata pemilik rumah busana Tria Gunawan, Alwatriati Tundrazmi, di Palembang, Minggu.

Menurut dia, keikutsertaan memperkenalkan produk khas Palembang itu tentunya tidak disia-siakan membawa beragam busana berkain khas.

Busana berbahan kain jumputan menjadi salah satu yang paling diminati sampai kini.

Ia mengatakan, guna menarik pembeli mereka menyiapkan beragam busana karyanya yang memadukan kain khas Palembang dengan motif dan model yang kini sedang diminati.

Kain-kain itu diproduksi sendiri oleh sejumlah karyawannya.

Selain itu, Tria menambahkan, kalau dia juga menampung kain jumputan, blongsong maupun songket dari perajin yang tersebar di daerah itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Palembang, Ibnu Rohim menjelaskan kalau mereka menyiapkan puluhan pelaku usaha yang bergerak diberbagai bidang untuk mengikuti pameran.

Produk yang dipamerkan asli Palembang sangat beragam mulai dari tekstil atau kain khas sampai dengan makanan dan kerajinan lainnya.

Dia menambahkan, Indonesia Fashion Week 2013 salah satu ajang yang terdekat penyelenggaraannya.

Selanjutnya, pameran lainnya juga menyusul dilaksanakan termasuk Palembang Expo.(Nila)