Kementerian Pertanian kembangkan rumah pangan lestari

Minggu, 30 Desember 2012 12:16 WIB

...Pengembangan rumah pangan lestari, selain membiasakan masyarakat bercocok tanam dan memanfaatkan pekarangan rumah, juga bisa menghemat pengeluaran...
Berita Terkait
Pandeglang (ANTARA Sumsel) - Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, akan dijadikan proyek percontohan rumah pangan lestari melalui pengembangan tanaman sayuran di pekarangan tempat tinggal warga setempat.

"Menes memiliki potensi sangat bagus untuk pertanian, dan saya ingin daerah ini menjadi percontohan pengembangan rumah pangan lestari (RPL)," kata Wakil Menteri Pertanian Rusman Heryawan di Pandeglang, Sabtu.

Wamen berharap dukungan semua pihak, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan rumah pangan lestari tersebut.

Menurut dia, pengembangan rumah pangan lestari, selain membiasakan masyarakat bercocok tanam dan memanfaatkan pekarangan rumah, juga bisa menghemat pengeluaran.

"Dengan menanam aneka jenis sayuran di pekarangan, maka setiap rumah tangga bisa menghemat pengeluaran belanja berkisar Rp300 ribu--Rp400 ribu per bulan," katanya.

Ia juga berharap pengembangan rumah pangan lestari di Menes segera terealisasi sehingga dalam tiga bulan ke depan telah berkembang dan memberikan hasil bagi masyarakat.

"Kalau tidak ada halangan tiga bulan lagi saya akan datang ke sini untuk meninjau sekaligus meresmikan rumah pangan lestari," katanya.

Anggota DPRD Provinsi Banten Saris Priyadi Rahmat menyambut positif keinginan Wamen untuk menjadikan Menes sebagai proyek percontohan pengembangan rumah pangan lestari.

"Kami sangat mendukung itu, dan memang sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Pandeglang yang menjadikan agribisnis pertanian sebagai andalan pembangunan ekonomi daerah dan masyarakat," kata Saris, yang juga tokoh masyarakat Menes tersebut.

Menurut dia, pembangunan rumah pangan lestari di Kecamatan Menes juga mendapat dukungan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Provinsi Banten, yang telah menyatakan kesiapannya memberikan bantuan benih pada masyarakat.

"BPPT akan menyalurkan aneka jenis benih sayuran pada masyarakat untuk ditanam di pekarangan rumah, dan untuk tahap awal program pembangunan rumah pangan lestari melibatkan 50 kepala keluarga warga Menes," katanya. (ANT-S031)

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar
Nilai tukar rupiah menjadi Rp11.979

Nilai tukar rupiah menjadi Rp11.979Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta Selasa pagi, bergerak melemah sebesar empat poin menjadi ...