Herman Deru didukung puluhan partai

id Pilkada, calon gubernur sumsel

Herman Deru didukung puluhan partai

Sebanyak 20 Parpol menyatakan mendukung Herman Deru calon Gubernur Sumsel pada Pilkada 2013 (FOTO Antarasumsel.com/Susilawati)

....Pilkada Gubernur Sumsel 2013 serentak dengan pilkada di empat kabupaten di provinsi tersebut....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu Timur Herman Deru mendapat dukungan 20 partai politik menjadi bakal calon gubernur Sumatera Selatan, pada pemilihan kepala daerah gubernur 2013.

Sebanyak 20 partai politik itu terdiri atas 17 partai politik non parlemen dan tiga partai politik yang memiliki kursi di DPRD, kata Ketua Presidium Koalisi Partai Politik Sahabat Deru Suparman Roman di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 17 partai politik non parlemen itu tergabung dalam koalisi partai politik tersebut.

"Dengan dukungan sebanyak 20 partai politik itu maka suara untuk figur tersebut sudah mencapai 20 persen," katanya.

Ia mengatakan, dengan sebesar 20 persen itu maka sudah cukup untuk mengusung Bupati OKU Timur tersebut menjadi bakal calon gubernur Sumsel mendatang.

Untuk mengusung bakal calon itu memerlukan suara sekitar 15 persen, sedangkan pejabat tersebut sudah memiliki 20 persen, ujarnya.

Ia juga menyatakan, secara terbuka dukungan kepada bakal calon gubernur Sumsel itu sudah final, karena punya dasar hukumnya.

Ia menuturkan, kemungkinan partai politik yang akan mendukung calon tersebut akan bertambah, karena sekarang ini sedang dilakukan penjajakan.

Ia menuturkan, alasan mereka mendukung bakal calon gubernur Sumsel itu karena berhasil menjadi bupati yang berprestasi, serta komitmen menjadi bakal calon.

Sementara Ketua DPD Partai Patriot Sumsel Toni Fauzi menyatakan, kalau mereka mendukung salah satu calon tersebut pada pilkada gubernur mendatang.

Hal yang sama juga disampaikan pengurus dari Partai Indonesia Sejahtera Sumsel dan Partai Pelopor Sumsel.

Sejumlah calon gubernur pada Pilkada mendatang yang disebut-sebut antara lain Herman Deru (Bupati OKU Timur), Alex Noerdin (Gubernur Sumsel sekarang), Eddy Yusuf (Wakil Gubernur Sumsel sekarang), Eddy Santana Putra (Wali Kota Palembang sekarang), dan Ridwan Mukti (Bupati Mura sekarang).

Pilkada Gubernur Sumsel akan dilaksanakan pada 6 Juni 2013 serentak dengan pilkada di empat kabupaten di provinsi tersebut.

Empat kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak dengan Pilkada Sumsel itu yakni Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, Lahat dan Kabupaten Ogan Komering Ilir. (Susi)