DPRD Sumsel kunjungan kerja ke Pemkab Banyuasin

id komisi IV Dprd sumsel, berkunjung ke banyuasin, pelabuhan tanjung api-api

DPRD Sumsel kunjungan kerja ke Pemkab Banyuasin

Tim Komisi IV DPRD Sumsel ketika meninjau salah satu proyek pembangunan jalan di provinsi tersebut (FOTO Antarasumsel.com/ist)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Komisi IV DPRD Sumatera Selatan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Senin, terkait dengan bidang infrastruktur dan anggaran dana yang akan dikucurkan ke kabupaten tersebut.

Kunjungan kerja tersebut dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Edward Jaya diterima oleh Sekda Banyuasin Firmansyah dan pejabat di lingkungan Pemkab setempat di Pangkalan Balai, Senin.

Pada kesempatan itu, Sekda Banyuasin mengatakan, Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) kini telah menjadi icon kabupaten tersebut, meski pihaknya tidak dilibatkan secara langsung dalam percepatan pembangunan kawasan pelabuhan tersebut.

"Sekarang ini kedalaman air dari rencana sudah tidak memungkinkan lagi, sehingga kita membangun dermaga peti kemas di Tanjung Carat, karena kawasan TAA masuk kawasan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I)," katanya.

Sementara Kepala Bappeda Pemkab Banyuasin Ali Imron Bamin menyatakan, pihaknya sudah mencadangkan lahan untuk kawasan pembangunan industri terpadu guna mendukung keberadaan Pelabuhan Samudera Tanjung Api Api.

Lahan yang disiapkan itu berada di Tanjung Carat dan perlu dilakukan reklamasi agar dapat dimanfaatkan, ujarnya.

Semua komoditas baik hasil tambang, karet, sawit dan lainnya bisa diangkut melalui Pelabuhan TAA, tinggal membuat jalannya ke sana yang pasti harus melewati hutan dengan jalan sepanjang 90 km, karena itu kawasan hutan lindung.

"Ini harus segera diproses status tanahnya dan tinggal dipertimbangkan apakah bisa status pinjam pakai atau alih fungsi," katanya.

Sementara anggota DPRD Sumsel Darmadi Djufri meminta dioptimalkan dulu pelabuhan TAA sehingga investor tertarik.

"Selama ini kita banyak MoU, tetapi tidak selesai, kami sudah cek spot gedung TAA di sana cukup bagus, jadi prioritaskan dulu pelabuhan yang ada," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD lainnya Erza Saladin meminta pelabuhan TAA dioptimalkan dulu.

Sementara kalau permasalahan itu harus ditindaklanjuti dengan rapat-rapat ke depannya, kata ketua Komisi IV DPRD Sumsel Edward Jaya menambahkan.

"Kita minta apa yang disampaikan Pemkab Banyuasin ditembuskan ke Komisi IV DPRD Sumsel, dan kita mendukung semua upaya percepatan pembangunan TAA," katanya. (Susi)