Sumsel akan ada universitas Islam

id iain, iain raden fatah

Sumsel akan ada universitas Islam

Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Raden Patah Palembang (Antarasumsel.com/Grafis/aw)

....Berdirinya UIN di daerah ini, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di bidang ilmu ke Islaman....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan akan berdiri Universitas Islam Negeri, setelah Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang segera berubah status menjadi UIN.

Sekarang ini proses mengajuan perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah  sedang dibahas di Kementerian Dalam Negeri, kata Rektor IAIN Raden Fatah Prof Dr Aflatun Muchtar di Palembang, Kamis..

Kemungkinan pertengahan 2013 pembangunan gedung Universitas Islam Negeri (UIN) tersebut dimulai karena persyaratan termasuk administrasi sudah dipenuhi, kata Rektor IAIN Raden Fatah Palembang itu.

Seminar yang juga dihadiri Prof Dr Faris Kaya Pimpinan Istambul Fondation For Science and Culture itu dibuka Gubernur Sumsel  yang diwakili Asisten Kesra H Ahmad Najib.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu pihaknya sudah berkunjung ke Universitas Al Azhar dan dukungan untuk perubahan IAIN menjadi UIN tersebut sangat besar termasuk masalah kerja sama di bidang keilmuan.

Jadi dalam waktu dekat ini di Sumsel akan berdiri UIN sehingga ilmu di bidang ke Islaman semakin berkembang, ujar dia.

Menurut dia, untuk tahap pertama ini pihaknya akan mendirikan fakultas ekonomi ke Islaman yang diharapkan perkembangan perekonomian yang berlandaskan nilai Islam akan semakin berkembang.

Oleh karena itu melalui seminar tersebut juga untuk melakukan pembahasan tentang akan berdirinya UIN di daerah ini, kata dia.

Gubernur Sumsel dalam sambutan tertulisnya dibacakan Asisten Kesra Ahmad Najib mengatakan, pihaknya menyambut baik akan berdirinya UIN di daerah ini, karena untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di bidang ilmu ke Islaman.

Oleh karena itu seminar tersebut sangat mendukung dalam mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas termasuk persiapan berdirinya UIN, tambah dia.(T.U005)