Memancing jadi ajang wisata khas Indonesia

id memancing, lomba memancing internasional

Memancing jadi ajang wisata khas Indonesia

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekononomi Kreatif Sapta Nirwandar saat menebar ikan belida di sungai Musi Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Awi)

....Banyak yang bisa didorong untuk menjadi wisata unggulan di Indonesia termasuk di Palembang dengan Sungai Musi yang unik dan memiliki keragaman ikan dan biota lainnya....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan kegiatan lomba memancing akan terus dipromosikan menjadi ajang wisata khas Indonesia.

"Sungai Musi menjadi salah satu lokasi memancing yang sangat representatif untuk ditawarkan kepada wisatawan mancanegara," katanya ketika membuka "Musi International Fishing Tournament 2012," di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, banyak yang bisa didorong untuk menjadi wisata unggulan di Indonesia termasuk di Palembang dengan Sungai Musi yang unik dan memiliki keragaman ikan dan biota lainnya.

Karena itu pihaknya terus mendorong terselenggaranya kegiatan wisata di kota pempek ini termasuk menjadi lomba mancing internasional sebagai ajang tahunan.

Ia mengatakan, perkembangan wisata akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Warga bisa merasakan dampak langsung dari perkembangan objek wisata, seperti peningkatan permintaan makanan khas dan kerajinan serta industri perhotelan yang berkembang pesat," katanya.

Sementara Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra menjelaskan, lomba memancing internasional ditetapkan sebagai kegiatan wisata setiap tahun.

"Kali ini bukan hanya peserta Asia tetapi kegiatan itu diikuti juga perwakilan dari empat benua lainnya," ujarnya.

Eddy menambahkan, lomba mancing ini juga menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak melakukan "illegal fishing".

Memancing dengan cara alami menjadi salah satu upaya melestarikan biota sungai.

Sementara pemkot setempat juga menyebarkan 50.000 anakan ikan patin dan puluhan ikan belida.

Penebaran ikan tersebut menjadi simbol menjaga kelestarian ikan khas Sungai Musi, salah satunya belida dan patin.(Nila)