Harga ikan gabus naik

id ikan, ikan gabus, harga ikan gabus di palembang naik

Harga ikan gabus naik

Ilustrasi - ikan air tawar (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga ikan air tawar jenis gabus di sejumlah pasar tradisional Palembang selama tiga hari terakhir tercatat Rp50 ribu per kilogram atau naik drastis dibandingkan dengan sebelumnya Rp34 ribu.

Seorang pedagang di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang Rusdi di Palembang, Senin, mengatakan, naiknya harga ikan gabus tersebut karena pasokan pedagang pengumpul dari sentra produksi berkurang.

Di samping itu, kata dia, nilai tebus oleh pihak pedagang pengumpul lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya.

Ia menjelaskan, situasi demikian memang merupakan kesempatan pedagang pengumpul untuk menaikkan harga jual, karena para pedagang pengecer berebut mematok harga tinggi supaya mendapatkan barang yang jumlahnya terbatas itu.

"Kalau tidak berani membeli dengan harga tinggi dari pedagang pengumpul, dalam situasi jumlah pasokan ikan gabus terbatas, jangan diharap akan mendapat jatah untuk dijual kembali ke pelanggan," katanya.

Berdasarkan pantauan ANTARA di pasar tradisional setempat, dari puluhan pedagang ikan air tawar yang biasanya tiap hari masing-masing menyediakan stok ikan gabus dalam jumlah yang cukup, saat ini paling hanya ada dua hingga tiga pedagang saja yang menjual ikan gabus, itupun jumlahnya terbatas.

"Jadi wajar kalau harga jual tinggi, karena stok barang tersedia di pedagang jauh berkurang," katanya.

Rusdi mengatakan, kalau kondisi pasokan normal, rata-rata per hari pasokan ikan gabus di atas satu kuintal, namun saat ini paling banyak 30 kilogram, yang harus dibagi oleh beberapa pedagang.

Harga ikan air tawar jenis lainnya tercatat stabil, karena pasokan yang didatangkan pedagang pengumpul dari daerah penghasil cukup banyak dan lancar.

Harga ikan gabus ukuran besar naik dari Rp34 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram, patin normal kisaran Rp18 ribu, sepat antara Rp18 ribu hingga Rp20 ribu, mujair naik dari Rp24 ribu menjadi Rp26 ribu, lele lebak kisaran Rp20 ribu, ikan mas Rp24 ribu, dan ikan lais ukuran kecil Rp40 ribu.

 Mengenai daya beli warga, khusus terhadap ikan air tawar sampai dengan saat ini masih cukup tinggi, karena warga banyak memilih membeli ikan dibandingkan dengan daging ayam ras yang harganya masih tinggi yakni di kisaran Rp27 ribu per kg. (ANT/M033)