Banyak karyawan hotel di Sumsel belum bersertifikasi

Ilustrasi - hotel (FOTO ANTARA)

....Untuk meningkatkan profesionalisme karyawan hotel di provinsi yang sukses menggelar SEA Games 2011, PHRI Sumsel pada 2012 mulai mengintensifkan program sertifikasi....
Berita Terkait
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Karyawan hotel mulai dari kelas melati hingga hotel bintang yang tergabung dalama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia di Sumatera Selatan masih banyak yang belum bersertifikasi.

"Sekarang ini baru 1.600 karyawan hotel di daerah ini yang lulus sertifikasi dari 6.000 karyawan yang tersebar pada 185 hotel kelas melati dan berbintang," kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Herlan Aspiudin kepada ANTARA di Palembang, Rabu.  

Ia mengatakan, untuk meningkatkan profesionalisme karyawan hotel di provinsi yang sukses menggelar SEA Games 2011, PHRI Sumsel pada 2012 mulai mengintensifkan program sertifikasi karyawan hotel.

Melalui program itu diharapkan manajemen hotel mendorong karyawannya untuk mengikuti tes sertifikasi yang dilakukan langsung oleh tim Badan Standarisasi Nasional Pusat (BNSP) atau asesor dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tes sertifikasi tersebut dilakukan secara tertulis dan praktek sesuai dengan bidang pekerjaan yang biasa dilakukan masing-masing karyawan di hotel tempatnya bekerja, kata Herlan.

Jika program itu berjalan sesuai rencana, seluruh karyawan hotel di Sumsel pada 2016 diharapkan sudah bersertifikasi.

Selain sertifikasi karyawan hotel, pihaknya juga berupaya meningkatkan kualitas dan profesionalisme karyawan restoran dengan menyiapkan program yang sama, ujar Ketua PHRI Sumsel itu menambahkan. (ANT/Y009)

Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar