Lahan sawit Sumsel mayoritas dikelola perusahaan

id kebun sawit, lahan kebun sawit, sebagian besar milik perusahaan swasta

Lahan sawit Sumsel mayoritas dikelola perusahaan

Ilustrasi - perkebunan kelapa sawit dikelola perusahaan swasta (FOTO ANTARA)

....Perkebunan sawit di Sumatera Selatan sebagian besar dikelola oleh perusahaan swasta dengan luas 406.323 hektare dari total 818.326 hektare....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perkebunan sawit di Sumatera Selatan sebagian besar dikelola oleh  perusahaan swasta dengan luas 406.323 hektare dari total 818.326 hektare, kata Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Dinas Perkebunan Sumsel Dian Eka Sapta.

"Umumnya perkebunan sawit di Sumsel milik perusahaan karena membutuhkan tenaga kerja yang banyak untuk mengusahakannya, terutama saat memanen buah sawit," ujar Dian ketika ditanya persentase kepemilikan lahan sawit di Sumsel, di Palembang, Rabu.

Ia menerangkan, luas areal perkebunan sawit di Sumsel yakni 818.326 hektare yang terdiri dari perkebunan rakyat 127.355 hektare, perkebunan plasma 236.401 hektare, perkebunan milik swasta 406.323 hektare, dan perkebunan milik perusahaan nasional pemerintah 48.247 hektare.

"Berdasarkan data terbaru Dinas Perkebunan diketahui luas perkebunan milik swasta lebih besar dua kali lipat  dibandingkan kepunyaan rakyat," katanya.

Ia menambahkan, hal itu dapat dimaklumi karena perusahaan memiliki kemampuan untuk mengolah dalam skala besar atau luas mencapai ratusan hektare.

"Perkebunan sawit berbeda dengan karet yang pengolahannya bisa dilakukan petani sendiri mengingat biaya produksi sudah tertutupi dengan memiliki satu atau dua hektare saja," ujarnya.

Keadaan itu berbeda dengan usaha sawit yang mengharuskan petani memiliki lahan puluhan hektare agar biaya produksi perawatan hingga panen dapat tertutupi.

"Jika pun ada petani yang mengolah perkebunan sendiri atau bukan milik perusahaan pasti akan bekerja sama dengan pemilik lahan lain," ujarnya.

Kemandirian sejumlah petani itu terjadi di Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ilir, dan Musi Banyuasin.

"Para petani secara berkelompok bahu membahu saat panen, kemudian menjual sawit ke sebuah perusahaan swasta yang melalukan hilirisasi. Karena proses ini berlangsung lancar membuat petani mempertahankan perkebunannya dan tidak menjual ke pihak swasta," ujarnya.

Lahan perkebunan sawit berada pada urutan kedua dari empat komoditas unggulan Sumsel.

Sementara urutan pertama ditempati lahan karet dengan luas total 1.195.111 hektare tersebar pada beberapa daerah di Sumatera Selatan. Selanjutnya kopi 256.149 hektare dan kelapa sebanyak 67.646 hektare.
(Dolly)