Ribuan penumpang pejalan kaki padati Bakauheni

id penumpang, pejalan kaki, bakauheni

Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA Sumsel) - Ribuan penumpang pejalan kaki terus memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten pada arus balik empat hari setelah Idul Fitri 1433 Hijriah.
        
Ribuan penumpang pejalan kaki terus berdatangan dan mengantre di jalur antrean loket elektronik Pelabuhan Bakauheni, Jumat, sementara anggota keluarga yang lain menunggu di ruang tunggu yang padat dan sesak dengan keluarga penumpang lainnya.
        
Kepadatan penumpang terjadi menjelang siang hari dan antrean penumpang di jalur loket cukup panjang hingga mencapai puluhan meter yang terus memanjang, karena penumpang yang terus berdatangan dari Kota Bandarlampung itu tidak sebanding dengan ketersediaan loket yang ada.
        
Bahkan ruang tunggu penumpang tidak lagi mampu menampung mereka yang menunggu dengan membawa berbagai barang bawaan, membuat tempat itu menjadi padat pemudik yang akan balik ke Pulau Jawa.
        
Selain itu, kepadatan berdesak-desakan penumpang kapal itu terjadi saat mereka menaiki "gang way" menuju kapal di dermaga II yang sempit.
        
Perlu waktu antara 30 hingga 60 menit untuk para penumpang itu bisa masuk ke kapal.
        
Padahal mereka masih harus mengantre, menunggu kedatangan kapal yang menurunkan penumpang dari Pelabuhan Merak, Banten.
        
Bahkan beberapa calon penumpang sampai pingsan karena kelelahan saat menunggu kapal, dan harus berdesak-desakan dengan penumpang pejalan kaki lainnya yang nyaris tidak dapat bergerak.
        
Sementara dari bawah, penumpang lain terus merangsek ke gang way untuk menuju kapal feri di dermaga.
        
Selain itu, kendaraan roda dua dan roda empat juga sangat padat mengantre di sejumlah dermaga pelabuhan itu untuk tujuan Merak, Banten.
        
Namun tidak terjadi penumpukan kendaraan di dermaga pelabuhan itu.
        
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni mendata, jumlah penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni tujuan Merak, Banten mencapai 80.878 orang, kendaraan sebanyak 16.427 unit, yaitu 8.015 unit roda dua, 7.461 unit roda empat, 407 bus penumpang dan 544 buah truk.(ANT/KA*A054)