Arus mudik di Boom Baru meningkat

Pemudik yang menggunakan kapal cepat tujuan Bangka Belitung di Pelabuhan Boom Baru Palembang mulai padat, Selasa (14/8). Puncak arus mudik tujuan daerah itu diperkirakan akan terjadi pada H-3. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Peningkatan aktivitas di pelabuhan mulai terasa sejak sepekan menjelang Lebaran atau Sabtu (11/8) karena jumlah penumpang tiba mencapai 758 orang....
Berita Terkait
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kegiatan di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Selasa semakin meningkat memasuki hari kelima menjelang Idul Fitri, seiring dengan kedatangan ribuan penumpang asal Kepulauan Bangka Belitung.

"Peningkatan aktivitas di pelabuhan mulai terasa sejak sepekan menjelang Lebaran atau Sabtu (11/8) karena jumlah penumpang tiba mencapai 758 orang," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang Duskisyah.

Ia melanjutkan, sebanyak 1.870 orang pada Minggu (13/8), dan 1.708 orang pada Senin (12/8).

Jumlah itu berbanding terbalik dengan keberangkatan penumpang ke Kepulauan Bangka Belitung.

"Lebih banyak warga Palembang yang merantau ke Bangka, sehingga pada arus mudik akan ramai dari sana, sementara arus balik akan padat dari Palembang ke Bangka," katanya.

Sebanyak 241 penumpang bertolak dari Palembang menuju Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (14/8), sementara yang tiba mencapai 1.500 orang lebih.

Ratusan penumpang itu memanfaatkan enam unit kapal cepat yakni Ekpress Bahari 8 (117 orang), Sumber Bangka 6 (7 orang), Sumber Bangka 7 (122).

"Terdapat delapan unit kapal cepat yang disiapkan untuk mengatasi kebutuhan mudik masyarakat. Sementara ini, difokuskan untuk mengangkut penumpang dari Bangka ke Palembang sehingga pada beberapa kesepatan kapal diberangkat dari Palembang tanpa penumpang," ujarnya.

Berdasarkan perbandingan tahun 2011, ia mengatakan terjadi lonjakan signifikan.

"Pada tahun 2011, pada enam hari menjelang Lebaran hanya 1.482 orang penumpang yang datang ke Palembang, sementara pada tahun ini sudah mencapai 1.704 orang," katanya.

Pantauan Antara, terdapat sebuah posko Operasi Ketupat 2012 di pelabuhan itu yang terdiri atas petugas kesehatan, petugas kepolisian, dan petugas PT Pelni.(Dolly)

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar