Dinsos Lahat rekrut pendamping keluarga harapan

Program Keluarga Harapan (PKH) (Antarasumsel.com/Grafis/Awi)

....Kabupaten Lahat satu-satunya daerah yang disetujui Kementerian Sosial untuk pengembangan lokasi Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2012....
Berita Terkait
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan,  merekrut puluhan tenaga pendamping untuk menyambut penerapan Program Keluarga Harapan pada November 2012.

Kabupaten Lahat satu-satunya daerah yang disetujui Kementerian Sosial untuk pengembangan lokasi Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2012 ini, oleh karena itu daerah penerima bantuan perlu melakukan berbagai persiapan, kata Kepala Dinas Sosial Sumsel Apriyadi di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, sesuai dengan usulan Pemerintah Kabupaten Lahat  kepada Kementerian Sosial beberapa waktu lalu calon penerima bantuan PKH  sebanyak 6.346 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Data yang ada tersebut perlu dilakukan pengecekan ulang, untuk itu diperlukan tenaga pendamping sehingga diperoleh data yang akurat RTSM mana saja yang benar-benar berhak menerima bantuan.

Selain itu, tenaga pendamping diperlukan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang bagaimana penggunaan bantuan dan proses pengambilannya, kata dia.

Menurut Apriyadi, bantuan itu nantinya akan disalurkan kepada ibu dan anak RTSM secara bertahap empat kali dalam setahun melalui kantor pos atau cabang Bank BRI setempat.

Besar bantuan yang diterima masing-masing RTSM dalam setahunnya bervariasi, untuk ibu hamil diberikan bantuan Rp800.000,- , anak SD Rp400.000,- anak SMP Rp800.000 dan bantuan tetap masing-masing RTSM Rp200.000 per tahun.

Sementara usulan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dan OKU Selatan untuk mengikutkan warganya dalam PKH, pihaknya akan terus memperjuangkannya dan paling tidak bisa disetujui pada 2013. (Y009)

Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar