52 Sekolah tak lulus akreditasi

id sekolah, sekolah akreditasi, sekolah tak lulus akreditasi

52 Sekolah tak lulus akreditasi

FOTO ANTARA

....Sekolah tidak lulus akreditasi antara lain karena keterbatasan fasilitas ruang belajar, perpustakaan laboratorium dan sumber daya manusia....
Bengkulu  (ANTARA Sumsel) - Tercatat dari 2.700 sekolah di Provinsi Bengkulu, sebanyak 52 di antaranya mulai Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas dan yang sederajat tidak lulus akreditasi.

Jumlah sekolah tidak lulus akreditasi itu tergabung dalam 2.700 sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu, kata Sekretaris Badan Akreditasi Provinsi (BAP) setempat Budiyanta, di Bengkulu, Kamis.

Sebanyak 2.700 sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat tersebut, setelah diakreditasi ternyata ada 52 sekolah tidak lulus.

Ia menjelaskan, sekolah tidak lulus akreditasi antara lain karena keterbatasan fasilitas ruang belajar, perpustakaan laboratorium dan sumber daya manusia.

"Sebagian besar sekolah tidak lulus akreditasi karena ruang belajar rusak parah dan kekurangan sumber daya manusia guru yang mengajar," katanya.

Selain itu, ada juga sekolah tidak lulus akreditasi karena kekurangan jumlah murid akibat lokasi jauh dari pemukiman, atau angka partisipasi wajib belajar yang masih rendah.

"Penilaian akreditasi dilakukan sekali dalam setahun untuk mengevaluasi kualitas pendidikan di semua tingkatan," ujarnya.

Biasanya sekolah akan tutup bila jumlah siswanya tidak memadai lagi dan digabung pada sekolah terdekat, terutama pada tingkat sekolah dasar di daerah terpencil.

Untuk membantu sekolah lulus penilaian akreditasi, membutuhkan kerja sama masyarakat dengan pemerintah daerah di kabupaten dan kota agar kualitas pendidikan di sekolah tersebut menjadi lebih baik, tambahnya.(Ant)